Keunggulan Teknologi Panel Surya Dibanding Energi Listrik Biasa

Keunggulan Teknologi Panel Surya

Panel surya merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Memang, dilihat dari sisi harga pemasangan, panel surya tergolong cukup mahal. Tak heran jika pengaplikasian teknologi ini di Indonesia terbilang masih jarang. Berdasarkan Energy Outlook, lima negara dengan angka pemasangan solar panel tertinggi di Asia yaitu Tiongkok, India, Jepang, Thailand, dan Filipina. Meskipun mahal, manfaat yang akan diperoleh sebanding dengan harga yang dibayar. Salah satunya, panel surya lebih ramah lingkungan dan mengurangi terjadinya global warming. 

Dimulai dari segi penggunaan panel surya, perangkat ini tidak membutuhkan bahan bakar secara konvensional seperti halnya genset. Ya, tentu Anda sudah tahu jika genset memerlukan bahan bakar bensin untuk dapat menghasilkan energi listrik. Sesuai namanya, energi utama panel surya yaitu matahari yang mudah diperoleh dan gratis. Apalagi, titik koordinat Indonesia berada tepat di garis khatulistiwa sehingga paparan sinar matahari yang diperoleh cukup stabil dan besar daripada lima negara dengan angka pemasangan solar panel tertinggi diatas. Jika tidak dimanfaatkan dengan baik, tentu akan sangat disayangkan bukan?

Untuk mekanisme kerja solar panel selengkapnya, Anda bisa pahami pada laman https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/. Berbagai manfaat yang akan Anda peroleh dari teknologi panel surya antara lain:

Membantu mengurangi terjadinya global warming atau pemanasan global.
Tagihan listrik menjadi lebih hemat dalam jangka panjang.
Menghemat ketergantungan energi listrik dari bahan batu bata.
Mudah dipasang dan digunakan setiap hari.
Praktis dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Melihat banyaknya manfaat solar system di atas, tentu saja sangat menggiurkan terutama bagi industri, rumah sakit, hotel, dan sejenisnya dengan kebutuhan listrik yang tinggi. Adanya panel surya, akan jauh menghemat biaya tagihan listrik yang harus dibayar. Selain itu, teknologi ini bisa dijadikan sebagai pasokan listrik cadangan ketika aliran listrik utama tiba-tiba mati, sehingga seluruh peralatan listrik tetap dapat digunakan. 

Meskipun pemasangan panel surya mudah, tetap harus dilakukan oleh ahlinya seperti PT Sumberdaya Sewatama yang sudah berpengalaman dibidangnya. Dapatkan pula layanan konsultasi terkait layanan pemasangan panel surya dan perawatannya dari PT Sumberdaya Sewatama.
Keunggulan Teknologi Panel Surya Dibanding Energi Listrik Biasa Keunggulan Teknologi Panel Surya Dibanding Energi Listrik Biasa Reviewed by Ayead Gaptek on 12:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.