TIPS MENCEGAH ROAMING SAAT BEPERGIAN KE LUAR NEGERI

Travelling Roaming

Jika kamu ingin menghemat biaya pulsa seluler ketika bepergian ke luar negeri, ini 5 hal yang perlu dilakukan untuk mencegah roaming internasional :

1. Matikan penggunaan data roaming
Jika kamu tidak ingin terkena roaming internasional, fitur data roaming bisa dinonaktifkan dari fungsi pengaturan. Ini adalah langkah paling penting yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri dari tagihan data internasional yang besar. Apalagi jika kamu pengguna kartu SIM pasca bayar, jika fitur roaming data tetap aktif ketika kamu berada di luar negeri, tagihan kamu bisa membengkak tanpa kamu sadari.

Apabila fitur ini dinonaktifkan, telepon tidak akan terhubung ke dalam jaringan data 4G atau 3G di luar negara asal kamu. Jadi, kamu tidak akan bisa online meski hanya sekedar mengecek email.

2. Matikan semua akses data seluler
Tidak percaya dengan nonaktivasi data? Kamu bisa memilih untuk mematikan semua data seluler. Dengan begitu, satu-satunya cara untuk terhubung ke dalam jaringan internet adalah adalah menggunakan koneksi Wi-Fi. Jika fitur ini diaktifkan, kamu bahkan juga tidak akan terhubung ke jaringan seluler ketika berada di negara asal.

3. Kendalikan penggunaan data seluler untuk setiap aplikasi
Meski sedang bepergian ke luar negeri, kamu mungkin tetap membutuhkan akses beberapa aplikasi penting yang harus aktif setiap saat. Jika kamu menggunakan versi iOS 7 dan setelahnya, atau versi Android Nougat dan setelahnya, fitur data seluler dapat dinonaktifkan untuk beberapa aplikasi saja. Jadi, data seluler kamu hanya akan digunakan untuk beberapa aplikasi. Tapi perlu diingat ya, meski hanya sekedar mengecek email, kamu akan menghabiskan data roaming yang beberapa kali lipat lebih besar daripada penggunaan data di negara asal.

4. Gunakan Wi-Fi saja, manfaatkan akses online seperlunya
Saat sudah berada di luar negeri, kamu mungkin ingin atau perlu menggunakan data online. Untuk bisa melakukan akses dalam jaringan tanpa menggunakan biaya roaming data utama, kamu bisa mengaktifkan koneksi Wi-Fi. Dengan begitu, apa pun yang perlu kamu akses secara online seperti akses email ke web, mengirim pesan teks melalui aplikasi akan lebih menghembat biaya jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi.

5. Rencanakan penggunaan paket data internasional
Hampir semua penyedia layanan jaringan menawarkan pilihan paket data internasional. Kamu bisa mendaftarkan telepon kamu ke salah satu paket data ini sebelum bepergian ke luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa mengakses jaringan internet di luar negeri tanpa harus membayar tagihan dengan biaya selangit. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini agar bisa tetap terkoneksi online tanpa harus bergantung pada koneksi jaringan Wi-Fi.

Jika ingin tetap mengaktifkan layanan roaming sebaiknya aktifkan sebelum pergi ke negara tujuan. Jangan lupa aktifkan paket roaming dengan mengunjungi website smartfren agar tetap hemat.
TIPS MENCEGAH ROAMING SAAT BEPERGIAN KE LUAR NEGERI TIPS MENCEGAH ROAMING SAAT BEPERGIAN KE LUAR NEGERI Reviewed by Ayead Gaptek on 8:22 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.