Wisata Seru di Tanah Haram

Wisata Tanah Haram

Sebagai pusat ajaran agama Islam, tak heran jika banyak orang yang mengira aktivitas yang dilakukan di Mekkah, Arab Saudi, hanya terkait dengan ibadah haji atau umrah saja. Padahal, di kota yang memiliki ketinggian 277 meter di atas permukaan laut yang tiap tahunnya dikunjungi 1,5 milyar orang per tahunnya ini punya banyak tempat yang dapat dikunjungi. 

Kendati sebagian besar tempat wisata memang masih didominasi oleh tempat ziarah, namun juga ada tempat yang memang bisa dikunjungi untuk berekreasi. Tak hanya menawarkan tempat yang eksotis khas negara gurun, Mekkah punya segala yang dibutuhkan oleh wisatawan, loh. Mulai dari hotel berbintang hingga restoran terbaik yang menyajikan masakan khas Timur Tengah yang menggoyang lidah.

Sebut saja pabrik Kiswa atau kain penutup Ka’bah yang berada di pusat Masjidil Haram, yang dapat dikunjungi di Old Makkah Jeddah Road yang tak jauh dari pusat kota. Di tempat itu, pengunjung dapat melihat rangkaian penuh pembuatan Kiswa, loh. Mulai dari pewarnaan, proses tenun, desain, cetak, sulam hingga penjahitannya. Tak usah takut kendala bahasa, karena ada pemandu berbahasa Inggris dan bahasa lainnya, yang akan menjelaskan seluk belum tentang Kiswa. Oh iya, pabriknya hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu, Senin dan Rabu pukul 9 pagi hingga 12 siang saja ya, jadi pastikan jadwal kunjunganmu tak salah. 

Eh, tapi sebelumnya siapkan dana dan daftar perjalanan dulu ya. Tak jauh beda dengan pergi ke luar negeri, selain dokumen seperti paspor dan visa, tentunya juga harus mengantongi tiket pesawat dulu kan? Saudi Arabian Airlines bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengantarkan kita ke Mekkah, Arab Saudi. 

Dari Jakarta menuju Jeddah biasanya memakan waktu sekitar 9 jam lebih, dengan penerbangan tiap harinya yang bisa disesuaikan, mulai dari pagi hingga penerbangan malam hari. Harganya? Maskapai ini bisa dibilang termasuk murah dan bisa jadi pilihan para traveller dengan budget yang terbilang minim, yakni sekitar 9 hingga 10 juta. Mahal? Gak juga. Apalagi kalau dihitung bisa sekalian umrah backpacker yang sedang tren seperti saat ini. 

Soal fasilitas, jangan dulu membayangkan kemewahan seperti yang ditawarkan Etihad Airways atau Emirates. Namun jangan pula meremehkan layanan yang diberikan. Seperti halnya penerbangan internasional, kenyamanan tetap nomor satu. Dari soal makanan, fasilitas di masing-masing kursi, hingga harga dan rute yang ditawarkan. 

Setting tempat duduknya pun standar untuk tipe Boeing 777-200 dengan formasi per baris 3-4-3 dengan leg room yang cukup luas. Layar monitor juga terpasang di tiap belakang tempat duduk dengan teknologi layar sentuh dan koleksi film yang cukup menyenangkan selama perjalanan.

Soal makanan, bisa jadi pilihan kok. Dijamin tidak akan kelaparan selama penerbangan, tentunya juga dengan memperhatikan lamanya di udara, ya. Tapi untuk yang lebih dari setengah hari, biasanya ada dua kali sesi makan. Plus,untuk penerbangan yang melewati tengah malam biasanya juga tersedia supper bagi penumpang.

Meskipun pelayanan dari pramugarinya belum bisa dikatakan seramah maskapai internasional lain atau maskapai milik BUMN yang memang terkenal ramah, namun lumayan lah untuk dinikmati selama perjalanan. Apalagi dengan banyak keuntungan yang didapat, tak ada salahnya kan? 

Selama perjalanan juga jangan lupakan mengambil foto-foto keren, ya. Tapi, ingat, untuk foto yang mengambil wajah atau fisik seseorang, usahakan mendapat izin yang bersangkutan dahulu. Karena bisa jadi ada aturan tidak tertulis terkait kesopanan dalam mengambil potret seseorang tanpa izin, apalagi yang merupakan lawan jenis.
Wisata Seru di Tanah Haram Wisata Seru di Tanah Haram Reviewed by Ayead Gaptek on 6:05 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.