Penyebab Trombosit Turun

jambu meningkatkan trombosit
jambu dipercaya meningkatkan trombosit

Kondisi saat trombosit tiba-tiba turun dikenal dengan nama trombositopenia di dalam bahasa medis. Hal ini juga mengarah pada seseorang yang hanya punya trombosit di dalam tubuhnya kurang dari 150 ribu/microliter. Nah, kamu pun perlu meningkatkan trombosit pada demam berdarah, dengan kadar yang normal yaitu antara 150 ribu-450 ribu per microliter. 

Lalu, trombosit yang biasanya diproduksi di dalam sumsum tulang ini memiliki peran penting di dalam proses pembekuan darah. Hal ini alasan mengapa orang mengalami trombositopenia rentan mengalami perdarahan.Biasanya, trombosit tidak dihasilkan dalam jumlah cukup oleh sumsum tulang. Biasanya pun, disebabkan karena trombosit dihancurkan tubuh.

Deretan Penyebabnya

1. Trombosit tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup

Di saat sel stem telah mengalami kerusakan, sel darah juga bisa saja rusak. Hal ini karena beberapa faktor, seperti kanker darah dan limfoma yang mana sel ini dapat merusak sel sumsum tulang dan pengobatan kanker menghancurkan sel stem. Lalu ada penyakit anemia aplastik, kemudian paparan bahan kimia beracun seperti pestisida, arsenik, dan benzene.

Paparan bahan kimia tersebut bisa memperlambat produksi dari trombosit. Serta pada penggunaan obat-obatan, contohnya obat diuretik yang bisa mengganggu produksi trombosit tubuh. Serta infeksi virus, yang mampu menyebabkan produksi trombosit menurun, misalnya seperti cacar air, gondok, rubella, hingga HIV/AIDS.

2. Tubuh menghancurkan trombositnya sendiri

Terkadang tubuh kita bisa saja menghancurkan trombosit dalam darah. Hal inilah mengapa bisa mengakibatkan penurunan kadar pada trombosit. Penyakit autoimun, seperti rematik dan lupus eritematosus sistemik bisa menurunkan trombosit di tubuh. Lalu sebab lainnya yakni karena obat-obatan, yang bisa menghancurkan sel-sel yang norma, seperti quinine atau beberapa antibiotik.

Infeksi, bakteri dan virus yang menginfeksi dan berkembang di dalam tubuh juga bisa menyebabkan trombositopenia. Kemudian, proses kehamilan juga bisa menghancurkan trombosit. Walau, kemungkinan hanya 5% wanita saja yang mungkin mengalami trombositopenia yang disebabkan oleh kehamilan, belum ada yang pasti tentang hal ini.

3. Trombosit tertahan di dalam limpa

Saat normal, sepertiga trombosit tubuh akan ditampung di dalam limpa. Pembengkakan yang terjadi di limpa akan mengakibatkan semakin banyak trombosit yang tertahan di dalamnya. Sementara, limpa yang bengkak disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti sirosis atau kanker hati. Sebelum turun trombosit, maka anda harus mencari vitamin yang bisa dikonsumsi. 

Anda bisa mencari di situs pembelian obat seperti guesehat.com misalnya. Situs tersebut lengkap walau bukan obat demam berdarah untuk dewasa maupun obat demam berdarah untuk anak, namun hadir vitamin yang setidaknya bisa membantu menaikkan trombosit.

Penyebab Trombosit Turun Penyebab Trombosit Turun Reviewed by Ayead Gaptek on 2:48 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.