Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Baju Bayi Baru Lahir

Baju bayi baru lahir menjadi barang pokok yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi. Apalagi momen kelahiran bayi adalah momen yang sangat dinantikan oleh para ibu yang sedang mengandung dan juga keluarga. Ketika mendekati waktu persalinan, maka ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar persalinan bisa berjalan dengan lancar salah satunya yaitu baju bayi baru lahir.

Beberapa hal yang bisa disiapkan misalnya mental ibu yang akan menjalani persalinan, memberikan nutrisi yang baik di trisemester akhir ibu mengandung. Selain persiapan tersebut, ibu juga menyiapkan keperluan untuk bayi misalnya perlengkapan mandi, tidur, kesehatan, dan juga pakaian bayi.  

Memilih Baju untuk Bayi Baru Lahir 
Pakaian bayi menjadi kebutuhan yang perlu untuk disiapkan sebelum bayi lahir. Ada beberapa macam pakaian bayi mulai dari modelnya, jenis, warna, dan bahan. Dalam memilih pakaian bayi tidak hanya asal bagus atau harga mahal, karena bayi baru lahir kulitnya masih sangat sensitif dan masih mengalami perkembangan serta pertumbuhan. Maka dari itu, ketika membeli baju bayi baru lahir perlu memperhatikan beberapa hal. 

Berikut ini beberapa tips memilih baju untuk bayi baru lahir :
1. Membeli baju dengan ukuran yang sedikit lebih besar
Bayi memiliki proses pertumbuhan yang cepat sehingga ketika Anda membeli baju bayi, maka belilah baju dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran tubuh bayi ketika lahir. Jika Anda membeli baju bayi dengan ukuran yang pas, maka baju akan cepat ketat dan sesak, karena bayi di beberapa bulan pertama, pertumbuhannya sangat cepat.

Anda juga bisa membeli baju bayi dengan berbagai ukuran untuk mengantisipasinya, karena ketika masih dalam kandungan, Anda belum mengetahui seberapa besar ukuran bayi, sehingga dengan membeli berbagai ukuran, bisa mengantisipasi ukuran yang terlalu ketat.

2. Memilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat
Kulit bayi yang baru lahir biasanya akan sangat sensitif pada berbagai hal, termasuk pada pakaian yang dipakainya. Bahan baju bayi yang menyerap keringat akan lebih baik untuk dikenakan, karena keringat bayi bisa terserap dengan baik sehingga tidak terjadi iritasi pada kulit bayi.

3. Model sederhana dan simpel
Ketika membeli pakaian bayi juga harus memperhatikan model pakaiannya. Bukan hanya memilih model yang bagus, tetapi malah susah jika dikenakan pada bayi. Lebih baik memilih model sederhana serta mudah untuk dipakai pada bayi. Pilihlah pakaian yang tidak memiliki kerah karena pakaian dengan model kerah bisa mengganggu gerak bayi dan bisa membuatnya kurang nyaman. 

Masalah warna baju, bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda sudah mengerti jenis kelamin bayi melalui USG, bisa menyesuaikan warna dengan jenis kelamin bayi.

4. Pilih baju hangat dan melindungi kulit bayi
Ketika baru lahir, aktifitas terbanyak bayi adalah tidur. Maka dari itu, pilihlah pakaian hangat dan melindungi bayi ketika tidur. Pakaian yang hangat akan membuat tidur bayi semakin nyenyak. Pilih pakaian hangat dan tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi atau luka karena kulit bayi masih sensitif sehingga jangan pilih baju dengan bahan kasar.

5. Pakaian yang mudah dilepas
Tips terakhir yaitu pilih pakaian yang mudah dilepas. Bayi seringkali buang air kecil dan buang air besar, sehingga aktifitas mengganti pakaian juga sering, maka dari itu pilihlah pakaian yang mudah dipakai dan dilepas. Bayi memiliki gerakan yang sangat terbatas, sehingga jika dibelikan pakaian yang terlalu banyak kancing akan merepotkan ketika membuka dan melepas pakaiannya.

Demikian 5 tips memilih baju bayi baru lahir yang bisa Anda terapkan. Menyiapkan baju bayi menjadi hal penting menjelang persalinan. Sehingga setelahnya Anda bisa fokus menghadapi persalinan.

Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman Reviewed by Ayead Gaptek on 7:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.