Selain Tahu Cara Membuat Es Buah, Anda Juga Perlu Tahu Es Buah Khas Daerah di Indonesia


Cara Membuat ES Buah

Cuaca tropis khas Indonesia yang akan membuat tubuh mudah sekali haus dan berkeringat. Anda pasti membutuhkan minuman penyegar yang ampuh menghilangkan rasa dahaga tersebut salah satunya ialah ES Buah. Cara membuat es buah yang segar dan enak bisa saja Anda coba praktikkan sendiri di rumah.

Meski aneka minuman modern seperti Mango Thai mulai bermunculan, daya pikat minuman tradisional tak kalah populer lho! Citarasa es buah tradisional yang terjaga hingga puluhan tahun cocok sekali menjadi minuman pelepas penat Anda.

Penasaran? Yuk, simak info seputar aneka macam es buah nikmat yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia berikut!

  1. Es campur
Siapa yang tak suka dengan citarasa nikmat dan segar yang ditawarkan seporsi es campur? Ya, es campur mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia sehingga sulit menemukan asal es campur pertama kali. Meski begitu, minuman asli Indonesia ini memiliki rasa yang berbeda tergantung bahan yang digunakan.

Biasanya es campur terdiri dari cincau, kolang kaling, buah nangka, buah alpukat,roti tawar, kelapa muda serut, sirup dan es batu serut. Dijamin cocok menjadi minuman penyegar kala sinar matahari cukup terik.

  1. Es Teler
Memang cukup susah membedakan antara es campur dan es teler sebab penampilan dua jenis minuman segar ini hampir sama. Es teler ini diyakini berasal dari Sukoharjo, Jawa Tengah, yang mematenkan es teler sebagai minuman khas daerah pada tahun 2005. Sebenarnya sejarah es teler sendiri sudah ada sejak tahun 1957 yang dibuat oleh Ibu Samijem Darmo Putro yang melahirkan nama es teler sendiri.

Es teler memiliki aneka pilihan buah seperti apel, anggur, semangka, nangka, alpukat, serutan kelapa muda, susu kental manis dan serutan es batu. Tak heran kalau rasa es teler benar-benar bikin teler ya!

  1. Es Pisang Ijo
Cara membuat es buah yang terdiri dari buah pisang dibalur adonan tepung ini memang bisa dikatakan tidak begitu sulit. Anda membutuhkan bahan adonan kulit pisang ijo berupa tepung beras, tepung kanji, santan dan air daun suji.

Es pisang ijo berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan yang telah populer sebagai salah satu minuman khas daerah yang paling digemari. Penyajian pisang ijo sendiri dilengkapi dengan bubur sumsum, es serut, sirup merah dan susu kental manis. Sebagai pilihan pelengkap biasanya menyesuaikan selera misalnya mutiara sagu dan irisan buah nangka.

  1. Es Tebak
Es tebak merupakan minuman khas dari daerah Sumatera Barat yang hampir mirip dengan es campur. Bahan yang digunakan dalam minuman ini antara lain buah nangka, kolang kaling, cincau, daging kelapa muda, alpukat, tape dan tebak.

Tebak merupakan panganan khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras menyerupai mie yang dimasak seperti cendol. Disajikan dingin dengan siraman es serut bakal membuat siang Anda lebih bersemangat.

  1. Es Nona
Dari Pontianak, Kalimantan Barat, Anda bisa menikmati segelas es nona yang khas. Es ini biasa disajikan dengan isi potongan pepaya, kacang merah, tape dan susu kental manis yang legit. Keunikan lain dari es nona adalah potongan buah pepaya yang digunakan telah direndam dengan air kapur sirih terlebih dahulu sehingga rasa lebih renyah. Tertarik mencoba citarasa minuman khas daerah ini?

Tentu masih ada banyak minuman khas daerah di Indonesia yang terbuat dari buah-buahan segar dipadukan bahan tradisional lain. Cocok menjadi minuman penutup saat kumpul bersama keluarga. Anda juga bisa mempraktikkan cara membuat es buah khas daerah di Indonesia ini lho!

Selain Tahu Cara Membuat Es Buah, Anda Juga Perlu Tahu Es Buah Khas Daerah di Indonesia Selain Tahu Cara Membuat Es Buah, Anda Juga Perlu Tahu Es Buah Khas Daerah di Indonesia Reviewed by Ayead Gaptek on 7:43 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Betul itu, tapi jangan lupa untuk nyobain Wisata kuliner di Malang, atau Wisata kuliner di Bandung, atau enggak Wisata kuliner di Bali yang tentunya enak tapi tidak terlalu membuat badan bisa rusak.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.