Berita Politik : Efek Debat PILPRES Pada Suara Rakyat




Dalam berita politik terkini dikabarkan akan ada lima kali debat PILPRES yang diadakan sebelum pemilihan di bulan April mendatang. Debat pertama akan dimulai pada hari Kamis esok tanggal 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.  Rakyat bisa menonton langsung bagaimana aksi debat yang dilakukan oleh kedua paslon.

Debat PIPLRES merupakan sebuah ajang untuk bisa mendapatkan suara dari undecided voters. Tampilan dari pemaparan kedua calon kandidat akan menjadi penilaian dan pertimbangan bagi rakyat yang belum menentukan suaranya. Terlebih saat para calon nantinya akan menjawab pertanyaan yang diajukan terkait tema yang telah disusun.

Pengaruh Debat Pilpres Pada Suara Rakyat
Ada banyak sekali efek debat yang nantinya akan diterima. Menurut Mitchell S. McKinney dan Diana B. Carlin dalam Political Campaign Debates menyatakan bahwa efek debat bagi publik yaitu efek kognitif (cognitive effects). Efek kognitif  dalam debat berkaitan dengan pesan-pesan dari argumentasi, visi-misi dan program kerja yang berkaitan dengan berbagai isu yang ada.

Efek debat nantinya akan dapat mengubah peta suara PILPRES yang ada. Entah akan siapa yang akan mendapatkan suara terbanyak tentu masih menjadi rahasia. Melihat besarnya efek dari debat PILPRES tentunya kedua pasangan akan mempersiapkan diri dengan baik. Kedua paslon ini akan berusaha untuk memberikan jawaban yang dapat mencuri hati rakyat.

Debat PILPRES ini akan menembus tembok yang ada di dalam kepala para kelompok rakyat yang masuk dalam undecided voters. Kelompok ini merupakan rakyat yang memiliki sudut pandang bahwa pemilu tidak akan mengubah nasibnya. Perspektif mereka tentang pemilu mengarah kepada hal negatif dan tanpa memberikan dampak yang signifikan ke depannya. Ini menjadi sebuah tantangan bagi pada paslon untuk meraih kepercayaan mereka.

Kelompok undecided voters juga merupakan bagian dari rakyat yang tidak dapat memahami visi-misi dan program yang disampaikan oleh capres-cawapres. Bagi mereka visi-misi yang disampaikan hanyalah omong kosong belaka. Bahkan mendengar visi-misi menanamkan satu hal di kepala mereka yaitu berita hoax.

Harapannya debat PILPRES yang akan diadakan sebanyak 5 kali akan menjadi sebuah senjata yang baik dan objektif untuk merebut suara rakyat. Selain itu tentunya debat yang akan berlangsung nantinya akan membawa perubahan bagi rakyat Indonesia ke depannya. Harapan rakyat tentu saja debat yang akan dilakukan ini dapat berjalan dengan baik. Rakyat juga tentu berharap dalam debat nanti para kandidat dapat memberikan jawaban yang tepat dan memuaskan.

Kedua calon tentunya juga akan bersikap dengan hati-hati karena jika ada saja salah kata, efeknya akan berpengaruh pada jumlah suara nantinya. Bahkan jika Anda yang salah kata atau menimbulkan tanda tanya baru, tentu ini akan menjadi penilaian yang negatif pada kandidat tersebut.

Melalui berita politik yang ada rakyat pun dihimbau untuk bersiap mencerna dengan baik berbagai pemaparan, pertanyaan, dan jawaban yang akan berlangsung selama debat. Jangan lewatkan momentum ini untuk bisa menjatuhkan hak suara kepada paslon yang dianggap tepat.

Kedua tim kandidat pun telah mengumpulkan keyakinan seperti yang diutarakan oleh perwakilan dari masing-masing kandidat. Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, mengatakan mereka yakin bisa meraup suara swing voters dan undicided voters.  

Pada paslon Prabowo-Sandiaga Uno, Sudirman Said selaku Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional mengatakan timnya telah menyiapkan materi yang sesuai untuk mendapatkan suara dari swing voters dan undicided voters.

Mari kita lihat dan saksikan bersama debat PILPRES mendatang untuk menjatuhkan pilihan pada kandidat yang paling tepat. Apa pun hasilnya tentu harapan seluruh rakyat Indonesia adalah dapat menjadikan Indonesia semakin lebih maju dan lebih sejahtera ke depannya.
Berita Politik : Efek Debat PILPRES Pada Suara Rakyat Berita Politik : Efek Debat PILPRES Pada Suara Rakyat Reviewed by Ayead Gaptek on 4:45 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.