Makanan Yang Dianjurkan Untuk Memperbanyak ASI

ASI merupakan asupan yang sangat penting bagi bayi, ada berbagai macam manfaat untuk bayi, terutama bagi bayi yang baru lahir, tapi terkadang ada diantara kita yang kesulitan untuk memproduksi asi, dengan kata lain asi yang dikeluarkan sedikit, karena itu perlu diketahui cara memperbanyak asi agar kebutuhan si kecil selalu terpenuhi. 

Cara Memperbanyak ASI

Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana agar produksi asi lebih lancar, kami akan menyampaikan terlebih dulu berbagai macam manfaat asi untuk si kecil yang baru lahir, diantaranya adalah :

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Asi memiliki berbagai macam manfaat yang memang dibutuhkan oleh bayi, terutama pada 6 bulan pertama, karena itulah pemberian susu formula pada bayi usia 6 bulan pertama tidak diperlukan, selain kebutuhannya sudah terpenuhi dengan air susu ibu, sistem pencernaannya juga belum siap untuk mengonsumsi makanan yang lebih padat.

2. ASI Membantu Tumbuh Kembang Bayi

Pada tahun 2006, penelitian di negara Korea menemukan bahwa bayi yang rutin di beri asi akan mengalami perkembangan kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak diberi ASI, penelitian ini melibatkan sekitar 697 bayi.

Penelitian ini dilakukan selama 9 bulan, dan terdapat perbandingan antara bayi yang diberi asi selama 9 bulan, 6 bulan, dan 3 bulan. Pada bayi yang diberi asi lebih lama rupanya memiliki perkembangan yang juga lebih baik, penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa nilai IQ yang tinggi juga berhubungan selama pemberian ASI saat usia bayi.

3. Daya Tahan Tubuh Bayi Menjadi Lebih Baik Dengan diberi Asi

Didalam asi terdapat beberapa macam zat yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, zat ini terkandung didalam protein-protein, seperti lactoferin dan igA, fungsinya adalah agar menghindarkan bayi dari infeksi kuman yang membawa penyakit seperti bakteri, parasit ataupun virus

Melihat pentingnya asi bagi si jabang bayi maka keperluan asi untuk bayi bisa dikatakan wajib, tapi ada beberapa kasus dimana produksi asi si ibu lebih sedikit dibandingkan biasanya, karena itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar produksi asi selalu terjaga dan siap ketika dibutuhkan.

Pada dasarnya asi akan memproduksi sesuai dengan kebutuhan bayi, disarankan memberikan asi pada bayi setiap 2-3 jam sekali, bayi yang baru lahir bahkan perlu dibangunkan jika pemberian asi terakhir sudah lebih dari 2 jam.

Selain itu sistem kerja produksi asi juga cukup unik, asi akan memproduksi kembali jika sudah kosong, inilah gunanya pompa asi, jadi setelah pemberian asi pada bayi, pompalah payudara untuk mengeluarkan asi yang tersisa, sehingga payudara kembali memproduksi asi.

Istirahat yang cukup juga diperlukan bagi ibu si bayi, sebaiknya atur jadwal agar bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup, misalnya gunakan kesempatan ketika bayi sedang tidur. Selain itu si ibu sebaiknya jangan terlalu stress, minta bantuan pasangan atau orang terdekat untuk membantu berbagai pekerjaan rumah, ataupun untuk merawat bayi.

Untuk makanan sendiri, ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu, namun biasanya kandungan yang terdapat di dalamnya seperti :

Protein, bisa didapatkan dari pasta, roti, nasi
Serat, Bisa didapatkan dari daging, teur, ikan, dan jenis kacang-kacangan
Susu, ataupun produk olahannya, bisa didapatkan dari susu itu sendiri atau dari keju dan yoghurt
Karbohidrat kompleks, bisa didapatkan dari nasi, pasta, kentang, dan gandum utuh

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Memperbanyak ASI Makanan Yang Dianjurkan Untuk Memperbanyak ASI Reviewed by Ayead Gaptek on 6:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.