5 Tips Mudah Mengenalkan Anak Belajar Membaca Dan Menulis Sejak Dini

Belajar Membaca Dan Menulis

Cara Mengenalkan Anak Belajar Membaca Menulis - Bagi para orang tua yang kini sedang bingung mencari cara cepat belajar membaca dan menulis pada anak, jangan panik dan khawatir karena pada artikel ini saya akan coba bagikan beberapa tips mengenai bagaimana menumbuhkan minat baca dan tulis pada anak sejak dini. Tidak sabar ingin membaca ulasannya? Silahkan simak hingga akhir artikel.

1. Perkenalkan Anak Dengan Huruf
Memperkenalkan anak terhadap huruf bisa dilakukan sejak usia 1 tahun. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan anak dengan bentuk-bentuk huruf yang beragam, diantaranya yaitu dengan menggunakan media mainan berupa huruf yang terbuat dari bahan plastik, biasanya mainan seperti ini bisa dengan mudah ditemukan pada toko mainan, bisa juga dengan menempelkan poster bergambar huruf pada ruang bermain anak, kamar tidur, ruang baca dan tempat-tempat yang sering terlihat oleh anak.

2. Sediakan Buku Khusus Anak
Tidak seperti jaman dulu, dimana buku-buku khusus anak hanya terbuat dari kertas. Kini, aneka buku anak sudah lebih canggih dan menarik, ada yang terbuat dari bahan mika sehingga lebih awet, tampilannya juga sangat menarik, penuh warna dan berisi informasi yang beragam. Orang tua bisa menyediakan aneka jenis buku-buku yang baik untuk kegiatan belajar membaca dan menulis anak. Meski mungkin awalnya anak tidak tertarik, jangan menyerah! Ajak anak untuk melihat dan membuka buku terlebih dahulu, lalu lihat bagaimana reaksinya. Jika anak mulai tertarik, lakukan kegiatan melihat dan membaca buku secara kontinu.

3. Ajak Anak Membaca Dan Bercerita
Apabila kemampuan anak dalam bidang membaca sudah ada kemajuan, ajak anak untuk terus membaca. Berikan ia buku yang beragam agar tidak bosan. Ibu atau ayah bisa sambil mengajak anak untuk bercerita mengenai buku yang ia baca. Kegiatan bercerita bisa mengasah kemampuan verbal dan daya analisisnya.

4. Sediakan Alat Tulis
Agar anak bisa belajar membaca dan menulis, sediakan alat tulis seperi pensil, kertas, pulpen dan lainnya. Biarkan ia menulis sesuka hati, jika kemampuan motorik tangan anak sudah baik dan mampu menuliskan angka dan huruf, latih terus dengan rutin mengajarkan ia menulis.

5. Hindari Untuk Memaksa
Adakalanya, orang tua menghadapi perilaku anak yang malas atau bosan untuk belajar membaca dan menulis. Usahakan untuk tidak berlaku kasar dan memaksa anak. Siasati hal ini dengan menerapkan metode belajar yang menyenangkan. Dunia anak memang dunianya bermain sehingga banyak pakar yang menganjurkan untuk menggunakan metode belajar sambil bermain. Jadi, orang tua bisa mengajak anak bermain namun sambil diiringi dengan kegiatan belajar, misalnya bernyanyi sambil berhitung, kegiatan menggambar atau mewarnai huruf, menghitung hewan yang ada disekitar dan sebagainya. Cara-cara seperti ini terkadang lebih efektif dalam memperkenalkan anak terhadap hal-hal baru seperti bentuk huruf, angka, aneka gambar, cara menulis dan lainnya.

Nah, itu tadi 5 tips atau cara bagaimana supaya menumbuhkan minat anak terhadap kegiatan belajar membaca dan menulis namun dengan cara yang mudah sekaligus menyenangkan. Sebagai orang tua, anda bisa mencoba dan menerapkannya mulai sekarang. Ingat, lakukan dengan sabar dan konsisten agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Jika terkendala waktu atau kesibukan, bisa meminta orang lain untuk mengajarkan pada anak, namun tetap saja, orang tua terutama ibu adalah sekolah pertama terbaik untuk setiap anak. 

Semoga artikel ini bermanfaat!
5 Tips Mudah Mengenalkan Anak Belajar Membaca Dan Menulis Sejak Dini 5 Tips Mudah Mengenalkan Anak Belajar Membaca Dan Menulis Sejak Dini Reviewed by Ayead Gaptek on 8:29 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Mendidik Anak sejak dini sangat penting bagi tumbuh kembang emosi dan kecerdasan anak, artikel ini sangat membantu saya dalam memahami tentang dunia parenting

    ReplyDelete

Powered by Blogger.