5 Tips Belanja Bulanan untuk Perantau

Belanja bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun, bagi sebagian orang, belanja justru bisa menjadi kegiatan yang tidak begitu menyenangkan. Salah satu alasannya adalah karena kita harus mengeluarkan banyak uang ketika belanja. Hal ini sering sekali dialami oleh para perantau, entah mereka yang merantau untuk bekerja atau sekolah.

Perantau harus tinggal jauh dari rumah dan keluarga. Para perantau harus pandai mengatur urusan pribadi mereka termasuk salah satunya adalah kondisi keuangan. Selama merantau, perencanaan keuangan sangat penting untuk diperhatikan. Uang yang dimiliki harus dikelola dengan baik agar anda bisa bertahan hidup di tempat rantau.

Uang yang dimiliki oleh perantau sebagian besar dihabiskan untuk belanja bulanan. Bagaimanapun juga perantau harus memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka mereka harus belanja bulanan. Saat belanja bulanan inilah biasanya perantau akan mengeluarkan banyak uang dan tidak jarang uang tabungan bisa langsung habis untuk sekali belanja bulanan semisal untuk membeli tas sekolah anak branded atau tas kuliah

Tas Sekolah Anak Laki


Belanja Bulanan untuk Perantau
Ketika kita memutuskan untuk pergi merantau, maka kita harus bisa menjadi pribadi yang mandiri. Sebagai perantau, kita harus siap untuk mengurus diri sendiri dan mengatur keuangan kita dengan baik. Bagi para perantau di luar sana, kali ini kita akan membahas bagaimana cara belanja bulanan yang bijak tanpa menguras isi tabungan.

Inilah dia 5 tips belanja bulanan yang bisa diterapkan oleh para perantau :

1. Tetapkan Dana Belanja Bulanan
Sebelum belanja bulanan, anda harus menetapkan besarnya dana yang bisa anda gunakan. Tentukan dulu berapa jumlah uang bisa anda pakai untuk belanja bulanan. Jika anda sudah menentukan jumlah uangnya maka secara otomatis keinginan berbelanja akan lebih terkendali karena sudah ada batasannya.

2. Buat Daftar Belanja
Susunlah daftar belanja agar lebih mudah ketika belanja nantinya. Selain digunakan agar kita tidak lupa membeli barang, daftar belanja juga penting dibuat agar kita bisa membatasi diri. Jika kita membawa daftar belanja, maka kita cenderung akan membeli hanya barang-barang di dalam daftar sehingga akan lebih hemat.

3. Beli Produk Diskon
Sebagai perantau, tidak ada salahnya untuk berburu produk diskon. Selama anda bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah tentu saja tidak masalah, bukan? Ketika memilih barang, pilihlah barang yang sedang didiskon atau sedang promo. Anda bisa berburu diskon di toko-toko offline maupun online.

4. Penuhi Kebutuhan Utama
Sebagai perantau, anda sebaiknya memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu. Belilah barang-barang yang pasti anda butuhkan seperti bahan makanan misalnya. Jika nanti dana belanja masih ada sisa, barulah anda bisa membeli produk-produk lainnya. Jangan sampai terbalik membeli produk yang tidak penting dulu dan malah kehabisan uang untuk membeli kebutuhan utama.

5. Pilih Waktu Belanja yang Tepat
Belanja juga perlu dilakukan di waktu yang tepat. Biasanya perantau memilih belanja bulanan setelah gajian atau setelah mendapat uang saku untuk para perantau yang masih pelajar. Namun, sebaiknya anda belanja ketika sedang weekend karena biasanya ada banyak program promo ketika weekend. 

Itulah tadi 5 tips belanja bulanan untuk perantau. Perantau memang seringkali memiliki kesulitan untuk mengatur uang setiap bulannya. Namun, dengan 5 tips ini diharapkan anda bisa lebih mudah mengelola uang yang anda miliki. Pastikan anda sangat teliti menggunakan uang anda untuk berbelanja online. Jangan sampai buang-buang uang ketika belanja bulanan dan akhirnya malah kehabisan uang.
5 Tips Belanja Bulanan untuk Perantau 5 Tips Belanja Bulanan untuk Perantau Reviewed by Ayead Gaptek on 3:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.