Persiapan Pasien Sebelum Melakukan Total Knee Replacement


TKR

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang diharuskan melakukan penggantian lutut total atau total knee replacement (TKR). Dalam penanganannya, setiap pasien TKR diwajibkan melakukan serangkaian persiapan sebelum melakukan operasi. Apa sajakah itu? Simak saja uraian berikut ini.

1.    Menjaga Kesehatan Tubuh
Sudah menjadi peraturan medis bahwa setiap pasien yang akan melakukan operasi harus dalam kondisi prima. Untuk itu, pasien diharuskan menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima, sehingga proses operasi bisa berjalan lancar. Kondisi tubuh yang prima juga akan menurunkan risiko operasi berupa komplikasi.

Upaya menjaga kesehatan yang sebaiknya dilakukan pasien adalah menerapkan pola makan yang sehat, jangan melakukan aktivitas yang menyita energi, istirahat cukup, serta menjaga agar tetap rileks agar tidak stres akibat cemas berlebihan saat menjelang operasi. Anda bisa membawa beberapa keluarga untuk menemani di rumah sakit agar selalu tenang dan bahagia.

2.    Memastikan Tidak Mengalami Pendarahan atau Cedera
Sebelum menjalani operasi total knee replacement, setiap pasien harus memastikan bahwa tidak mengalami pendarahan atau cedera. Hal ini sangat dianjurkan mengingat pentingnya kondisi prima dari pasien.

Jika terjadi pendarahan, maka operasi akan terhambat dan kemungkinan bisa menyebabkan komplikasi. Inilah pentingnya memastikan ada pendarahan atau tidak sebelum operasi. Apabila terbukti mengalami pendarahan, segera meminta tim medis untuk segera menanganinya, sebelum makin parah.

3.    Berhenti Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai konsumsi obat. Ketika mengalami sakit yang tak tertahankan, pada umumnya pasien akan mengonsumsi obat pereda rasa nyeri.

Berkaitan dengan hal itu, pasien diharuskan untuk berhenti mengonsumsi obat pereda nyeri ketika memutuskan untuk melakukan operasi. Penghentian konsumsi obat ini dilakukan sekurang-kurangnya satu minggu sebelum operasi dilakukan.

4.    Memberitahukan Infeksi atau Luka Kaki Jika Ada
Operasi total knee replacement termasuk operasi besar dan membutuhkan banyak persiapan. Dokter dan pasien juga harus berkoordinasi mengenai kondisi terkini pasien agar dapat melangsungkan operasi dengan lancar, tanpa risiko.

Dalam hal ini, pasien harus memberitahukan terkait infeksi atau luka kaki kepada dokter bedah jika memang mengalaminya. Hal ini bertujuan agar tim medis memahami lokasi yang mengalami infeksi atau luka, sehingga bisa melakukan tindakan lebih hati-hati dan cermat, sehingga tidak melukai atau memperparah keadaan.

5.    Mempersiapkan Biaya Operasi
Biaya operasi TKR yang tidak sedikit harus segera dipersiapkan agar operasi bisa segera dilaksanakan. Pada umumnya, biaya operasinya berkisar antara 60-70 juta rupiah. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa biayanya bisa lebih mahal karena berdasarkan pada jenis operasi, teknis operasi yang dilakukan, hingga spesifikasi implan.

Sebagai upayanya, Anda bisa mengambil uang tabungan ataupun melakukan klaim asuransi kesehatan. Bantuan dana BPJS untuk operasi juga bisa diperoleh sesuai dengan polis atau surat perjanjian yang ada.

Itulah berbagai persiapan yang harus dilakukan pasien sebelum operasi penggantian lutut total. Mengingat pentingnya setiap poin persiapan tersebut, usahakan semuanya terpenuhi dengan baik demi kelancaran proses operasi hingga pasca operasi. Mengenai biaya operasi TKR, Anda bisa mempersiapkan secepatnya agar operasi bisa segera dilakukan.
Persiapan Pasien Sebelum Melakukan Total Knee Replacement Persiapan Pasien Sebelum Melakukan Total Knee Replacement Reviewed by Ayead Gaptek on 9:17 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.