Bertandang ke Manado? Manjakan Lidah dengan 7 Kuliner Khas Ini!

Rasanya, liburan ke suatu daerah tak akan pernah lengkap tanpa mencicipi kelezatan kuliner khasnya. Bahkan, beberapa wisatawan mengatakan bahwa wisata kuliner adalah wisata pelengkap kunjungan mereka. Tanpa mencobanya, liburan pun tak ada artinya. Memang benar, karena setiap daerah memang memiliki kuliner khas dengan cita rasa dan keunikan yang tak tergantikan. Seperti di Manado yang terkenal dengan 7 kuliner berikut ini:

1.                  Tinutuan

Tinutan

Source : merahputih
Pertama, adalah Tinutuan yang sering kali menjadi menu khas saparan oleh masyarakat Manado. Tekstur dari sajian ini mirip seperti bubur, tetapi Tinutuan dibuat dari campuran labu kuning dan bubur beras dengan tambahan aneka sayuran hijau. Beberapa masyarakat biasanya menambahkan taburan jagung untuk menambah cita rasanya. Tinutuan menjadi hidangan pagi utama yang disajikan di beberapa hotel Manado. Namun, Anda juga bisa mencobanya dengan berkunjung ke Jalan Wakeke.

2.                  Dabu-Dabu

Dabu Dabu

Source : merahputih
Ingin mencicipi rasa pedas dengan kenikmatan yang khas? Cobalah menjajal menu Manado yang memiliki bumbu dabu-dabu. Dabu-dabu sendiri adalah penyedap rasa khas Manado dengan rasa pedas yang unik dan terbuat dari campuran tomat, irisan bawang merah, dan cabai. Tentu saja, rasa pedasnya begitu menggoyang lidah. Sambal dabu-dabu ini biasanya disajikan bersamaan dengan menu ikan bakar atau aneka olahan masakan laut. Jadi jika Anda sudah menyiapkan tiket pesawat ke Manado untuk liburan Anda nanti, pastikan mencoba menu yang satu ini ya.

3.                  Cakalang

Cakalang

Source : exploremanado
Manado amat tersohor dengan sajian cakalang fufu yang begitu lezat. Olahan dari ikan tongkol putih ini dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu diasapi, sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sajian ini biasanya diolah menjadi cakalang santan. Tak hanya sedap disantap di tempat, cakalang fufu juga tepat dibawa untuk oleh-oleh keluarga atau rekan kerja. Jembatan Sario atau pasar tradisional menjadi tempat terbaik untuk membeli cakalang fufu ini.

4.                  Sambal Roa

Sambal Roa

Source : tribunnews
Kembali ke sajian sambal bercita rasa pedas, Manado juga terkenal akan sajian sambal roa yang terbuat dari ikan roa (sejenis ikan terbang) dan cabai. Kedua bahan ini kemudian ditumbuk hingga halus dan dimasak dengan tambahan sedikit minyak. Selanjutnya, ditambahkan tomat, bawang putih, cabai, garam, bawang merah, dan gula yang sebelumnya telah dihaluskan. Sambal roa biasanya dihidangkan sebagai menu pelengkap sajian tinutuan.

5.                  Woku Belanga
Woku Belanga
Source : resepdanmasakan

Ikan memang menjadi kuliner khas Kota Manado. Olahannya pun beragam, dan salah satunya yang paling diminati selain cakalang adalah woku belanga. Menariknya, proses pemasakan woku ini menggunakan belanga yang terbuat dari tanah liat dengan bumbu berupa daun pandan, kemangi, serai, daun jeruk, dan berbagai penyedap rasa lainnya. Tidak ketinggalan, cabai menjadi penambah cita rasa pedas.

6.                  Gohu

Gohu

Source : dapurkobe
Gohu adalah kuliner khas Indonesia bagian Timur, tak terkecuali Manado. Di Manadi sendiri, pembutan Gohu menggunakan bahan berupa daging pepaya muda yang dicampur dengan air, cabai yang telah dihaluskan, cuka, bakasan atau fermentasi telur ikan, jahe, dan gula aren sehingga menghasilkan cita rasa khas asam dan pedas.

7.                  Es Bernebon
Es Bernebon

Source : blogspot
Sempurnakan kuliner Anda dengan mencoba segarnya es bernebon atau kacang merah. Rasanya begitu segar dan menggugah selera. Mampirlah ke Rumah Makan Es Miangas yang lokasinya berada di sisi Jembatan Miangas. Kedai es ini menjadi tempat paling favorit masyarakat Manado dan wisatawan untuk mencicipi lezatnya es bernebon.

Terasa lezat dan membuat perut keroncongan, ya? Tunggu apa lagi, segera pesan tiket pesawat murah ke Manado sekarang juga melalui bantuan website Airy. Tak perlu khawatir kehabisan tiket, karena ada banyak maskapai yang menyediakan rute menuju Manado dan bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Yuk, cicipi enaknya kuliner Manado!

Bertandang ke Manado? Manjakan Lidah dengan 7 Kuliner Khas Ini! Bertandang ke Manado? Manjakan Lidah dengan 7 Kuliner Khas Ini! Reviewed by Ayead Gaptek on 9:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.