Agar Si Kecil Makan Dengan Lahap, Patuhi Aturan Pemberian MPASI Yang Tepat

Banyak orang tua yang tidak memperhatikan makanan pendamping ASI seperti apa yang harus diberikan. Tidak hanya itu. Mereka juga tidak mengatur jadwal pemberian menu makanan.

Akibatnya cukup fatal. Ini tidak hanya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi sang buah hati, tapi juga berkaitan dengan hal-hal yang lain. 

MPASI

Akibat Pemberian Menu MPASI Tidak Terjadwal
Tentu saja akibat dari pemberian menu MPASI yang tidak terjadwal dengan baik berbeda-beda. Ini tergantung pada anak itu sendiri. Namun, secara umum, berikut ini imbas yang bisa terjadi.

Salah satu akibatya adalah anak mogok makan. Sepertinya tidak ada kaitannya antara membuat jadwal memberikan MPASI dengan masalah anak mogok makan. Tapi, ternyata ada pengaruhnya lho bunda.

Sebenarnya, menu MPASI itu tidak hanya sebagai menu makanan agar anak belajar mengkonsumsi makanan yang sedikit lebih kasar daripada yang mereka konsumsi selama 6 bulan penuh, yaitu ASI. Selain itu, ada juga tujuan lain, yaitu agar bayi belajar mengontrol nafsu makannya. Jadi, jika dulu selama 6 bulan bayi bebas minum ASI kapan saja ketika merasa lapar, bayi usia 6 bulan harus mulai diajarkan kapan harus makan dan kapan harus tidak. Dan ini harus dilakukan dengan cara membuat jadwal pemberian makanan pendamping ASI. Jika tidak, ada kalanya ketika bunda ingin memberikan makanan, anak menolak karena ia sudah merasa kenyang. Mungkin ia sudah minum terlalu banyak ASI atau makan cemilan.

Bahkan, ada juga lho anak yang sampai usia balita susah makan. Dan ini disebabkan pola atau jadwal makan yang tidak mulai dilakukan dengan baik sejak bayi.

Dan jika itu yang terjadi, mungkin saja perkembagan bayi  bisa terganggu. Ada banyak sekali tanda perkembangan bayi mengalami gangguan. Biasanya, ini dilihat dari berat badan bayi. Makanya, setiap kali bunda mengajak bayi ke posyandu atau ke dokter anak, yang akan diperiksa pertama kali adalah berat badan. Jika ternyata berat badannya di bawah angka normal, itu pertanda perkembangan anak kurang baik. Dan mungkin saja ini disebabkan anak mogok makan lantaran bunda tidak membuat jadwal pemberian menu MPASI yang tepat.

Membuat Jadwal Pemberian MPASI
Dari penjelasan di atas, ada hubungan secara tidak langsung antara perkembangan anak dengan bagaimana bunda menjadwal pemberian menu MPASI. Untuk itu, sebaiknya bunda membuat jadwal pemberian MPASI sebagai berikut.

1.      Pagi Hari
Setelah bunda memandikan sang buah hati, bunda bisa buatkan menu MPASI pertama. Untuk minggu pertama bayi berusia 6 bulan, bunda buatkan menu MPASI yang sangat lunak. Dan buat menu dari satu bahan makanan saja. Bunda bisa buat lebih kasar dengan lebih dari dua bahan ketika bayi sudah terbiasa mengkonsumsi menu MPASI.

Setelah memberikan menu MPASI, berikan ASI. Namun, pastikan ada jeda antara makan dan minum ASI sekitar 15 menit agar bayi tidak terlalu kekenyangan.

2.      Siang Hari
Biasanya, bayi usia 6 bulan tidur di pagi hari dan bangun di siang hari sekitar jam 10 atau 11. Bunda bisa berikan menu MPASI lagi. Bunda bisa buatkan menu MPASI yang berbeda dengan menu MPASI di pagi hari. Buatkan saja makanan yang terbuat dari buah atau sayuran yang dihaluskan.

3.      Malam Hari
MPASI di malam hari sebaiknya diberikan satu atau dua jam sebelum tidur. Ini penting agar bayi tidak terbangun di malam hari lantaran lapar.

Agar anak kenyang sepanjang malam ketika terlelap, buatkan menu MPASI yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan dan daging. Buatkan saja bubur dengan campuran kacang-kacangan atau daging yang dihaluskan.

Jadi, sekarag bunda sudah tahu kan jadwal pemberian makanan pendamping ASI? Ini hal yang sepele tapi penting karena secara tidak langsung pemberian makanan sesuai jadwal berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.
Agar Si Kecil Makan Dengan Lahap, Patuhi Aturan Pemberian MPASI Yang Tepat Agar Si Kecil Makan Dengan Lahap, Patuhi Aturan Pemberian MPASI Yang Tepat Reviewed by Ayead Gaptek on 2:52 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.