3 Sumber Pinjaman Uang Pribadi yang Bisa Anda Peroleh dengan Mudah


Mencari pinjaman uang pribadi seringkali dijadikan pilihan oleh orang-orang yang butuh uang tapi tidak ingin meminjam ke bank. Waktu pelunasan bisa dinego, tapi nominalnya tetap bergantung pada persetujuan si peminjam. Untuk Anda yang sedang berada pada posisi tersebut, berikut informasi 3 sumber pinjaman yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih.

Pinjaman Uang

1. Aset Warisan Bersama
Sumber pertama ini sangat mudah didapat mengingat keberadaannya yang memang cenderung dekat. Aset yang termasuk warisan bersama ini adalah tanah, sawah, rumah, dan berbagai properti serta furitur peninggalan orang tua. Sementara pembagian warisan belum dilakukan, Anda tetap bisa mengambil manfaat darinya.
Misalnya, tanah, sawah, dan rumah warisan tersebut disewakan. Nah, dana yang biasanya dimasukkan ke dalam tabungan orang tua, bisa Anda pinjam untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tentu saja langkah ini harus mendapat persetujuan dari kakak, adik, dan keluarga lainnya yang termasuk ahli waris orang tua Anda. Hal ini berlaku pula untuk furniturnya.
2. Menggadaikan Aset Pribadi
Anda memiliki rumah, motor, atau perhiasan pribadi? Ketiganya bisa dijadikan sumber pinjaman pribadi jika Anda menggadaikannya untuk kemudian diambil lagi setelah utangnya lunas. Tapi, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang, karena jika tidak mampu membayar, aset-aset tersebut akan dilelang dan sulit Anda miliki kembali.
Selain itu, hindari menggadaikan aset bergerak yang sekiranya masih sangat potensial untuk kendaraan operasional atau manfaat lainnya. Misalnya, Anda butuh motor untuk ojek online sampingan dan mengantar jemput anak.
Jika digadaikan, pemasukan tambahan dari ojek bisa hilang dan sang anak yang harus dua kali naik angkot untuk sampai di sekolahnya perlu tambahan ongkos. Nah, sebaiknya Anda menghindari hal ini, apalagi jika Anda memilih tenor panjang, maka akan lebih banyak pengeluaran untuk ongkos angkotnya.
 3. Uang Tunai Kerabat
Sumber pinjaman pribadi yang terakhir ini memang sangat cepat Anda peroleh, tapi pertimbangkan juga kondisi keluarga mereka. Jika memang kerabat Anda adalah orang berada yang memiliki banyak aset bergerak dan tak bergerak, Anda bisa menjadikannya target sumber pinjaman pribadi untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Meminjam pada kerabat Anda ini merupakan hal yang menguntungkan, karena Anda bisa tidak segan, tidak perlu jaminan, maupun syarat lainnya yang memberatkan seperti halnya meminjam ke rentenir. Tapi, Anda juga harus ‘tahu diri’. Artinya, begitu Anda memiliki uang, segera lunasi meski kerabat Anda tidak menagihnya.
Lantas, bagaimana jika kondisi kerabat Anda lebih kesulitan? Misalnya, pekerjaan serabutan dan tempat tinggal masih ngontrak? Tentu saja sebaiknya tidak Anda pilih sebagai sumber pinjaman pribadi. Bahkan, Anda seharusnya membantu kerabat Anda tersebut agar kondisi keuangannya membaik dan strata ekonominya bisa meningkat.
Selain pinjaman uang pribadi dari kerabat dekat, Anda bisa mengajukan pinjaman tunai dari sumber lain seperti lembaga non-bank dari Tunaiku. Produk layanan Bank Amar ini menyediakan pinjaman tanpa agunan dengan syarat sangat mudah seperti 3 sumber pinjaman di atas. Bahkan kini hadir pinjaman dana tunai sampai plafon 20 juta dengan tenor 20 bulan!
3 Sumber Pinjaman Uang Pribadi yang Bisa Anda Peroleh dengan Mudah 3 Sumber Pinjaman Uang Pribadi yang Bisa Anda Peroleh dengan Mudah Reviewed by Ayead Gaptek on 2:03 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.