Pilih Kredit Motor atau Cash?


BAF KREDIT MOTOR

Kredit motor kini seolah menjadi sebuah kemudahan tersendiri untuk memiliki kendaraan roda dua secara cepat, merek dan seri motor terbaru juga bisa segera dimiliki dengan metode kredit motor ini. Apalagi sekarang bisa melakukan kredit motor menggunakan kartu kredit. Namun seringkali orang tidak memperhatikan kesalahan yang berujung pada kerugian dalam transaksi kredit motor. Mereka hanya memikir untungnya saja yakni cicilan bulanan yang ringan dan motor sudah di dapat.

 Kesalahan dan Kelemahan Kredit Motor

Ada beberapa kelemahan yang akan didapatkan bila melakukan kredit motor, umunya kelemahan ini adalah sebuah kesalahan yang diakibatkan dari konsumen atau kreditur itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa kelamahan tersebut.
  1. Tidak memperhatikan keuangan sendiri
Gaji tidak diperhitungkan untuk membayar cicilan setiap bulan, hasilnya pada taggal yang sudah ditetapkan ternyata uang untuk membayar cicilan kurang. Atau uang memang sudah ada, namun kehidupan sehri-hari menjadi serba kekurangan. Memang kredit motor ini adalah cara yang efisien untuk segera memiliki motor dengan seri bagus dan merek yang baru, namun keuangan juga harus diperhatikan. Jangan sampai salah!
  1. Jasa leasing palsu
Banyak sekali saat ini perusahaan leasing atau kredit yang palsu. Berbagai macam promo menarik dan kemudahan dalam mengajukan kredit ditawarkan untuk menarik minat pembeli. Hasilnya zonk! Motor yang dibeli secara kredit ternyata merupakan motor yang bermasalah. Bisa jadi surat-suratnya bermasalah, motor lama yang diperbaharui lagi ataupun bisa jadi adalah merupakan motor curian. Selalu berhati-hati dalam memilih jasa leasing, jangan hanya tergoda dengan harga yang murah dan proses pengajuan yang mudah.
  1. Jangka waktu kredit yang panjang
Saat ini ada penyedia leasing yang memberikan jangka waktu kredit hingga 48 bulan, itu berarti kira-kira 3 tahun lamanya. Memang kalau dicicil sedikit-sedikit tiap bulan tidak terasa, namun pada saat cicilan berakhir sebagian orang baru merasakan akibatnya. Kalau ditotal, harga motor menjadi lebih mahal daripada harga cash. Selain itu, ketika motor Anda sudah lunas kreditannya pada jangka waktu tertentu, tiba-tiba motor dengan seri terbaru dan tentunya lebih bagus dari segala segi sudah keluar. Motor yang baru lunas jadi ketinggalan zaman, pada kondisi seperti itu, ingin rasanya mengajukan kredit kembali untuk memiliki motor baru.
  1. Tidak menggunakan asuransi perlindungan
Banyak orang berfikir kalau melengkapi motor dengan asuransi justru akan menambah pengeluaran biaya saja. Namun hal itu amat penting sebab dapat memberikan perlindungan pada motor, apabila motor hilang atau rusak maka biaya yang ditanggung akan menjadi lebih sedikit. Coba bayangkan, apabila motor rusak atau hilang, proses pembayaran kredit akan terus berjalan sampai akhir periode.
  1. Tidak mengetahui kapan BPKB dapat diambil
Tidak jarang ada perusahaan leasing yang mempersulit pemberian BPKB, kreditur motor harus mengetahui secara pasti kapan BPKB tersebut dapat diambil. Biasanya BPKB akan diberikan oleh penyedia leasing di akhir periode cicilan.

Keuntungan Beli Motor Secara Cash

Sedangkan keuntungan yang akan didapat bila membeli mobil secara tunai atau cash adalah sebagai berikut ini:
1.     Tidak memiliki beban bulanan
Membeli motor secara cash bagi sebagian besar lebih untung daripada kredit. Tidak akan ada uang bulanan yang harus dibayarkan. Surat kendaraan berupa BPKB dan STNK langsung didapatkan. Bila sewaktu-waktu membutuhkan uang, maka mobil tersebut dapat langsung dijual tanpa perantara.
2.     Harga pas
Seperti yang kita tahu, bahwa membeli motor secara kredit memang terlihat ringan, namun bila diakumulasikan di akhir, maka jumlah harga motor akan lebih mahal ketimbang membeli secara tunai.
3.     Tidak terjebak dengan suku bunga yang meningkat
Tidak ada yang tahu mengenai besaran suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Dalam waktu sekejap dapat meningkat, dalam waktu sekejap pula dapat turun.
4.     Penawaran khusus dari dealer motor
Membeli motor secara cash selain akan mendapatkan harga pas, juga akan mendapatkan penawaran khusus dari pihak dealer, entah itu berupa potongan harga atau aksesories mobil pendukung.

Itulah tadi ulasan mengenai keuntungan dan kelemahan membeli motor secara kredit dan cash. Kredit motor memang dipandang lebih ringan sebab biaya yang dibayarkan hanya sedikit tiap bulannya. Maksud dari sedikit tersebut yakni tidak langsung mengeluarkan uang yang besar sampai belasan hingga puluhan juta. Dengan adanya metode kredit ini, Anda tidak perlu menghabiskan seluruh tabungan yang dimiliki, namun sayangnya harga total yang akan didapat jauh lebih besar ketimbang membeli motor secara tunai. Anda dapat menentukan mana yang lebih menguntugkan dan pas dengan kondisi keuangan Anda sekarang. Sebaiknya kalau kondisi keuangan belum stabil, jangan memaksakan diri untuk memiliki motor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.
Pilih Kredit Motor atau Cash? Pilih Kredit Motor atau Cash? Reviewed by Ayead Gaptek on 9:48 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.