Memasak Bersama Tumpeng 17-an Lebih Seru dengan Sasa Santan Kelapa


Acara tujuh belasan selalu diramaikan dengan aneka ragam lomba yang memunculkan semangat di Hari Kemerdekaan. Di kampung saya pun para panitia mengadakan berbagai lomba menarik yang dapat diikuti oleh segala usia. Pengalaman lomba membuat tumpeng bersama ibu-ibu di wilayah RT saya semakin menyenangkan dengan Sasa Santan Kelapa.

Saat itu saya diberitahu oleh para tetangga bahwa akan diadakan lomba tujuh belasan khusus ibu-ibu di setiap RT. Saat itu para tetangga RT saya sangat antusias mengikuti lomba ini. Lomba dimulai pukul 10 pagi bertempat di lapangan dekat balai desa. Di sana kami hanya akan diperbolehkan untuk menyajikan dan menghias nasi tumpeng sebagus mungkin.

Kami pun berkumpul di rumah Ibu RT saat subuh untuk menyiapkan nasi tumpeng dan lauk pendamping nasi tersebut. Kemarin saya mengetahui jika lomba ini membebaskan jenis nasi yang akan disajikan. Saya langsung teringat dengan persedian Sasa Santan Kelapa yang masih lumayan banyak. Saya langsung mengusulkan untuk membuat nasi tumpeng uduk.

Membuat nasi uduk dengan produk santan kelapa ini menjadi lebih praktis, karena tidak perlu lagi memarut atau memeras kelapa terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil santan yang segar dengan kualitas bagus. Apalagi kami akan membuat beberapa lauk pauk yang juga bersantan. Tentunya kami membutuhkan produk santan cair yang mudah digunakan.

Setelah mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat nasi uduk dan lauk pendampingnya kami segera melakukan persiapan dalam memasak. Kami akan memasak nasi uduk terlebih dahulu. Pertama-tama, saya kukus beras yang sudah dicuci selama 30 menit. Bersama itu saya juga memasak santan, cengkeh, kayu manis, pala, salam dan serai.

Setelah rebusan santan bersama rempah-rempah ini mendidih, segera angkat dan saring airnya. Campur air hasil saringan dengan beras yang telah dikukus. Masak di dalam panci sambil tetap diaduk sampai 45-50 menit. Pastikan Anda tetap konsisten dalam mengaduk untuk menghasilkan nasi uduk dengan cita rasa lezat.

Kebetulan saya kebagian tugas untuk memasak lauk pauk yang bersantan. Saya memutuskan untuk memasak tahu bumbu kuning dan sayur nangka muda yang akan dimasak seperti gudeg. Meskipun jarang mencampur dua pilihan lauk ini dengan nasi uduk. Saya mencoba inovasi terbaru agar rasa dan tampilan nasi uduk nantinya menjadi lebih unik.

Untuk membuat tahu dan tempe bumbu kuning, saya menhaluskan dulu bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan kemiri. Setelah itu, saya tumis bumbu halus tersebut kemudian mencampurnya dengan santan kelapa. Kemudian saya masukkan tahu yang telah digoreng. Nantinya lauk ini akan disajikan kering tanpa kuah.

Berlanjut dengan membuat sayur nangka muda ala gudeg. Hanya saja di sini saya akan memasak sayur nangka biasa yang akan disusutkan santannya dengan campuran kecap manis. Sebenarnya masakan ini rasanya belum bisa disebut gudeg sih, hanya tampilan luarnya saja yang sangat mirip dengan kuliner khas dari kota Yogyakarta itu. Sebagian dari Anda pasti paham.

Memasak kedua lauk tadi dengan Sasa kelapa ternyata membuat hasil masakan saya bertambah lezat dan gurih. Terbukti dengan ibu-ibu lain yang memuji hasil masakan saya. Faktanya meskipun produk ini berupa santan dalam kemasan, namun memiliki kesegaran dan aroma yang sangat mirip dengan air santan kelapa yang baru saja diperas.

Kami berhasil menyusun tampilan tumpeng nasi uduk dengan indah. Selain lauk yang saya buat tadi terdapat pula lauk seperti tempe orek, ayam goreng, semur telur, perkedel, irisan telur dadardan bihun goreng. Kami menghiasnya dengan apik bersama tambahan aksesoris bendera merah putih yang ditancapkan di nasi dan lauk tumpeng yang kami buat.


Pengalaman tersebut terasa seru sekali. Apalagi dengan kemudahan Sasa Santan, Aslinya Santan siap pakai yang dapat langsung ditambahkan pada setiap masakan. Tumpeng buatan kami juga aman dari kandungan bahaya bahan pengawet. Produk Sasa Santan Kelapa ini juga sangat serbaguna. Produk ini cocok ditambahkan di segala jenis makanan dan minuman.
Memasak Bersama Tumpeng 17-an Lebih Seru dengan Sasa Santan Kelapa Memasak Bersama Tumpeng 17-an Lebih Seru dengan Sasa Santan Kelapa Reviewed by Ayead Gaptek on 9:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.