Kenali Jenis Biang Keringat Sebelum Tahu Cara Mengatasi Biang Keringat


Cara Mengatasi Biang Keringat


Permasalahan kulit yang sering dialami si kecil adalah biang keringat. Biang keringat ini juga disebut sebagai miliaria, yakni kondisi dimana kulit mengalami ruam ketika terdapat sel kulit mati pada tubuh, berkeringat, hingga adanya kelenjar keringat yang tersumbat. Oleh karena itu penting untuk menambah wawasan seputar cara mengatasi biang keringat agar saat anak terserang biang keringat Anda bisa memberikan penanganan secara cepat dan tepat.

Biang keringat ini umumnya akan muncul di area bahu, leher, siku, sekitar ketiak hingga pangkal paha. Meski biang keringat ini seringnya bisa hilang sendiri dalam kurun waktu beberapa hari saja, namun jangan lantas tidak berupaya untuk mengatasinya. Rasa yang timbul akibat biang keringat sangat membuat anak tidak nyaman dan lebih sering rewel.

Agar dapat diatasi dengan baik, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis biang keringat di bawah ini.
Miliaria Kristalina
Jenis ini merupakan jenis biang keringat yang terbilang paling ringan. Pada kasus ini, biang keringat hanya akan mempengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas.
Biang keringat jenis ini dapat dikenali dengan adanya bintik-bintik yang berwarna jernih serta mudah dipecahkan. Biang keringat ini sering dialami oleh anak yang masih bayi. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, sebab miliaria kristalina ini tidak menimbulkan rasa sakit ataupun gatal.

Miliaria Rubra
Berbeda dari jenis sebelumnya, biang keringat jenis ini justru menyerang lapisan kulit yang lebih dalam. Si kecil akan mudah terserang biang keringat tipe ini jika sering berada di tempat yang bersuhu lembab atau panas.
Tanda-tanda dari munculnya miliaria rubra ini adalah rasa gatal luar biasa dan timbul bintik-bintik merah. Hal ini terjadi akibat keringat yang tersumbat dan tidak dapat keluar melalui permukaan kulit.

Miliaria Pustulosa
Biang keringat jenis ini merupakan lanjutan dari biang keringat rubra. Pada kondisi ini bintik-bintik merah lalu muncul peradangan sehingga membuat bintik-bintik merah menjadi bernanah.

Miliaria Profunda
Meski jarang dialami anak-anak, biang keringat jenis ini sering kambuh dan bahkan bisa dibilang sebagai biang keringat kronis. Miliaria profunda ini menyerang lapisan kulit yang cenderung lebih dalam atau dermis.

Orang dewasa dengan intensitas keringat yang banyak memungkinkan menyebabkan munculnya miliaria profunda. Biang keringat jenis ini ditandai dengan munculnya bintik merah dengan karakter keras dan besar.

Demikianlah beberapa jenis biang keringat yang perlu diketahui. Setiap jenis biang keringat memerlukan pengobatan yang berbeda satu sama lain. Untuk itu kenali dulu jenis-jenis biang keringat ini sehingga cara mengatasi biang keringat yang tepat bisa dilakukan. Kendati biang keringat ini dinilai penyakit yang lumrah dan bisa sembuh sendiri, tetap upayakan untuk melakukan penanganan sedini mungkin. 
Kenali Jenis Biang Keringat Sebelum Tahu Cara Mengatasi Biang Keringat Kenali Jenis Biang Keringat Sebelum Tahu Cara Mengatasi Biang Keringat Reviewed by Ayead Gaptek on 12:17 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.