Ini Dia Alat Variation Manual Brew Kopi yang Perlu Kamu Tahu

variation  manual brewing kopi

Siapa yang tidak suka dengan kopi? Minuman ini semakin hari semakin menghadirkan inovasi, mulai dari penyajian hingga penyeduhannya. Saat ini banyak pula yang menyukai kopi dengan metode variation - manual brewing kopi. Di setiap kedai kopi yang mempunyai konsep masa kini, tidak lengkap jika elum menghadirkan menu kopi dari manual brewing ini.

Manual brewing sendiri adalah teknik menyeduh kopi memakai alat yang harus dioperasikan dengan cara manual oleh manusia atau barista. Jadi, seorang barista disini harus memiliki keterampilan dalam menyeduh kopi dengan cara manual brewing agar bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya daripada mesin.

Ada banyak jenis alat manual brewing yang beredar di pasaran. Nah kira – kira apa saja jenis dan dasar dari penggunaan masing – masing alat ini? Berikut informasinya :

HarioV60
Alat pertama yaitu Hario V60 ini memiliki sudut kemiringan 60 derajat dan ini yang membuat nama besar dari Hario sebagai perusahaan dengan penghasil alat seduh kopi yang berasal dari Jepang. Rasio kopi dibanding air dalam alat ini yaitu 20 gr untuk kopi dan 300 ml untuk air. Cara penyeduhannya yaitu pertama, pasang filter yang sudah dipanasi lalu masukan biji kopi yang sudah digiling dengan kehalusan tingkat medium-fine sebanyak 20 gr.

Setelah itu masukan air panas hingga membasahi semua bubuk kopi dan biarkan selama 10 – 15 detik untuk proses blooming yang bisa menghilangkan karbondioksida yang akan muncul setelah roasting. Ketika blooming terjadi, kita bisa melihat gelembung di atas bubuk kopi. Setelahnya lanjutkan dengan menuang air dengan perlahan tanpa berhenti dengan gerakan memutar.

Kalita Wave
Selanjutnya yaitu Kalita wave yang sekilas mirip dengan v60. Yang membedakan dari keduanya adalah bentuk kalita wave ini adalah trapezium dan bagian bawahnya rata (flat drip) dan mempunyai tiga buah lubang. Rasio kopi : air yaitu 20 gr : 300 ml. Cara penyeduhannya yaitu masukan biji kopi yang sudah digiling dengan kehalusan tingkat medium ke dalam kertas filter yang dipasang pada alat. Setelah itu ratakan bubuk kopi dan tuangkan air untuk membasahi seluruh pemukaan bubuk kopi. Diamkan selama 10 – 15 detik untuk blooming dan lanjutkan menuang air dengan terus menerus.

French press

Alat terakhir yaitu French press yang sangat pas untuk pemula yang ingin belajar metode manual brewing. Rasio kopi : air yaitu 20 gr : 360 ml. Setelah memanaskan alat selama 2 – 3 menit, masukan biji kopi yang sudah digiling ke level paling kasar (coarse) lalu tuang air panas sebanyak 360 ml dan aduk. Lalu pasang kepala dari alat ini dan seduh kopi selama 4 menit sebelum menekan filter ke bawah.
Ini Dia Alat Variation Manual Brew Kopi yang Perlu Kamu Tahu Ini Dia Alat Variation Manual Brew Kopi yang Perlu Kamu Tahu Reviewed by Ayead Gaptek on 12:20 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.