Rencana PLN Terkait Independent Power Producer Indonesia 2017-2026

Independent powerproducer Indonesia


Di Indonesia, tidak hanya PLN yang bekerja untuk menghasilkan pasokan energi listrik yang nantinya bisa disalurkan dan dipergunakan oleh masyarakat di Indonesia. Terdapat IPP atau independent power producer yang bekerja sama dengan PLN untuk menghasilkan pasokan listrik yang ada di Indonesia. Independent powerproducer Indonesia merupakan suatu produsen listrik independen atau swasta yang dibentuk konsorsium untuk melakukan suatu perjanjian PPA dengan PLN.

Di tahun 2017 tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2017, menteri ESDM menyaksikan penandatanganan PPA energi baru terbarukan atau EBT antara PLN dengan perusahaan IPP di 64 lokasi di Hotel Mulia, Jakarta. PLN bekerja sama dengan 49 PPA PLN di jawa dan Sumatra dengan kapasitas total 328,85 MW, 9 PPA PLTBm dan PLTBg di Sumatra dengan kapasitas 41, MW dan 6 PPA PLTS dengan total kapasitas 45 MW di Sulawesi, Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Bali.

Berdasarkan pada RUPTL 2017-2026, akan diadakan penambahan pembangkit listrik yaitu sebesar 77,9 GW dengan porsi pembangkit EBT sebesar 21,56 GW. Langkah strategis PLN yaitu:

        Pengembangan power plant EBT yang dioptimalkan.
        PLN memanfaatkan sumber EBT seperti energi hydro, panas bumi, energi matahari, biofuel, biomassa dan yang lainnya.
        Mengembangkan PV terpusat untuk daerah terpencil.
        Mengembangkan sistem smart grid untuk peningkatan penetrasi intermittent RE dan meningkatkan kehandalan.
        PLN mengurangi konsumsi bahan bakar yang menggunakan MFO dan HSD serta mendorong pemanfaatan biofuel.
        Pengoptimalan pembangunan dan pengembangan pembangkit EPT yang punya potensi besar.
        Pemaksimalan potensi EBT setempat sehingga bisa memaksimalkan rasio elekrtifikasi Indonesia Timur.
        Pengembangan hybrid system untuk daerah yang telah di pasok dari PLTD yang memiliki jam nyala di bawah 12 jam/hari.

Dengan adanya penandatanganan PPA tersebut sehingga bisa meningkatkan rasio elektrifikasi serta desa berlistrik. Salah satu Perusahaan independent power producer Indonesia yang menggunakan sumber energi thermal dan EBT adalah Sewatama. Sewatama bekerja sama dan berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam pemasokan listrik di Indonesia. Selain itu pengembangan energi baru terbarukan atau EBT menunjukkan jika Sewatama siap untuk membantu mengatasi kekurangan energi listrik di Indonesia.
Rencana PLN Terkait Independent Power Producer Indonesia 2017-2026 Rencana PLN Terkait Independent Power Producer Indonesia 2017-2026 Reviewed by Ayead Gaptek on 2:02 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.