Pertolongan Pertama yang Tepat Bila Teman Pingsan Saat Berlibur

Asuransi Travelling Futuready


Kejadian tak terduga saat berlibur pasti membuat kita jadi panik. Apalagi bila hal tersebut menimpa orang-orang terdekat yang berlibur bersama kita. Itulah sebabnya asuransi perjalanan sangat dibutuhkan sebagai bentuk proteksi selama liburan. Risiko keselamatan diri sendiri dan barang bawaan bisa diminimalkan jika kita cermat memilih asuransi travel yang tepat. 

Salah satu kejadian tak terduga yang akan membuat kita kewalahan adalah teman yang pingsan saat berlibur. Namun kita tak boleh panik. Tenangkan diri sendiri dan lakukan pertolongan pertama ini pada teman yang pingsan: 

Cari Tahu Penyebab Pingsan Terlebih Dahulu
Penyebab pingsan biasanya bervariasi, mulai dari rasa lapar berlebihan, gangguan sistem pencernaan, sakit kepala, kepanasan, dan lainnya. Kalau kita sudah mengetahui penyebab pingsan yang dialami teman kita, pasti kita lebih mudah menentukan pertolongan pertama yang tepat. 

Jangan Sembarangan Memindahkan Teman yang Pingsan
Memindahkan teman yang pingsan hanya akan memperbesar risiko cidera, terutama bila pingsan tersebut diakibatkan oleh kecelakaan yang cukup parah. Selain itu, bagian kepala juga rentan cidera kalau kita memindahkan posisi orang yang pingsan tanpa mengetahui selahnya. Biarkan teman yang pingsan tetap berada pada posisinya. Usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari badan agar suplai oksigen untuk pernapasan tetap lancar.

Berikan Ruang yang Cukup
Sebaiknya kita tidak mengerumuni teman yang sedang pingsan. Karena teman yang pingsan butuh udara segar agar lekas sadar. Untuk mempercepat proses kesadaran teman yang pingsan, kita bisa menggunakan minyak angin beraroma mint atau minyak kayu putih. Hal ini berfungsi untuk merangsang indera penciuman agar lekas bereaksi terhadap aroma yang menyengat. 

Lepaskan Kancing Baju atau Aksesori Ketat
Kalau teman yang pingsan sedang menggunakan pakaian atau aksesori yang ketat, cobalah melepaskan sebagian kancing pakaian dan aksesori tersebut. Tujuannya agar sistem pernapasan teman kita bisa berfungsi dengan baik. Aliran udara segar akan membuat teman yang pingsan segera sadar dan pulih.

Ternyata menolong teman yang pingsan ketika berlibur bukanlah hal yang sulit. Lakukan pertolongan pertama dengan tenang. Sebab rasa panik hanya akan membuat kita kesulitan mencarijalan keluar. Jagalah kesehatan kita selama berlibur agar semua rencana liburan bisa berlangsung lancar dan menyenangkan. Selamat berlibur!
Pertolongan Pertama yang Tepat Bila Teman Pingsan Saat Berlibur Pertolongan Pertama yang Tepat Bila Teman Pingsan Saat Berlibur Reviewed by Ayead Gaptek on 9:13 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.