Pengertian Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman Dengan Jaminan DBS

Setiap bank menawarkan jenis kredit yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan para nasabahnya. Pada umumnya, bank akan memberikan pinjaman dengan syarat Anda harus memberikan jaminan. Biasanya, jaminan ini berupa sertifikat rumah ataupun BPKB mobil. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kedua hal tersebut. Misalnya seperti mereka yang ingin membuka bisnis kelas kecil menengah namun tidak memiliki modal, ingin mengajukan pinjaman tapi tidak memiliki sertifikat rumah atau mobil yang bisa diagunkan. Nah, jika sudah begini, maka alternatif yang bisa diambil adalah pinjaman tanpa jaminan. Seperti namanya, pinjaman ini akan diberikan oleh bank tanpa Anda harus memiliki jaminan. Sebelum mulai mengajukan pinjaman tanpa jaminan, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini. 

Mengapa Orang Memerlukan Pinjaman Tanpa Jaminan
Pinjaman tanpa jaminan basanya diajukan untuk keperluan konsumtif maupun komersial. Kepentingan komersial di sini misalnya untuk membuka outlet usaha kecil dan menengah namun tidak memiliki modal atau untuk membeli barang-barang produksi kemudian dijual lagi. sedangkan untuk keperluan konsumtif ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis. Misalnya ketika Anda membeli rumah Second dan rumah tersebut memerlukan renovasi khusus sedangkan Anda tidak memiliki dana tersisa karena sudah habis untuk membeli rumah tersebut, maka pinjaman tanpa jaminan bisa Anda ajukan kepada pihak bank untuk keperluan tersebut. selain untuk renovasi rumah, ada juga yang ditujukan untuk membeli sepeda motor atau mobil baru. Keperluan-keperluan akan hal tersebut itulah yang disebut kebutuhan konsumtif.

Besarnya Uang Pinjaman Terbatas
Berbeda dengan pinjaman dengan jaminan, karena pinjaman ini tidak mengharuskan Anda sebagai nasabah untuk menyerahkan jaminan maka jumlah pinjaman yang ditawarkan pun juga terbatas. Jumlahnya relatif lebih sedikit, meskipun setiap bank memberikan jumlah maksimal yang berbeda. Namun biasanya, batas maksimalnya adalah 100 juta rupiah. Tentunya bank tidak mau ambil risiko dengan memberikan pinjaman dalam jumlah yang besar jika tidak ada BPKB mobil atau sertifikat rumah sebagai jaminan, bukan? 

Riwayat Kredit Bisanya Dijadikan Syarat Pertimbangan
Karena tidak adanya jaminan, maka bank akan mengabulkan pengajuan pinjaman tanpa jaminan ini dengan melihat riwayat kredit Anda. jika selama ini Anda adalah nasabah yang tidak pernah bermasalah dalam pembayaran kartu kredit seperti menunggak berbulan-bulan, atau Anda orang yang tepat waktu melunasi semua riwayat kredit Anda, maka itu bisa dijadikan dasar pertimbangan bank. Memang Anda tidak harus memiliki kartu kredit agar pinjaman tanpa jaminan Anda bisa disetujui, tapi dengan memiliki kartu kredit proses pengajuan pinjaman ini bisa memberikan peluang lebih besar. 

Pada Umumnya, Jangka Waktunya Lebih Singkat 
Tentu saja, karena tidak ada jaminan, maka jangka waktu pelunasan pinjaman tanpa jaminan ini relatif lebih singkat. Pinjam tanpa jaminan biasanya hanya berkisar maksimal hingga lima tahun sedangkan untuk pinjaman dengan jaminan bisa lebih dari itu. Oleh sebab itu, besarnya uang yang memungkinkan untuk dipinjam akan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. dalam pengajuan KTA, Anda tidak bisa mengajukan jumlah kredit yang melebihi kemampuan Anda membayar cicilan. Pihak bank akan memastikan bahwa Anda bisa melunasinya dalam jangka waktu yang ditentukan. Bandingkan dengan kredit KPR yang jangka waktunya hingga sampai 15 bahkan 20 tahun, karena kredit KPR ada jaminan yakni sertifikat rumah itu sendiri. Jadi, perhatikan betul-betul sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan. 

Hal-hal di atas bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Kelemahan pinjaman ini adalah jumlahnya yang terbatas dan waktunya yang singkat. Jika Anda ingin meminjam uang dalam jumlah yang lebih besar, Anda bisa memilih kredit dengan agunan. Salah satu yang bisa Anda coba adalah Pinjaman dengan Jaminan dari DBS. Pinjaman ini menawarkan besaran suku bunga dan biaya provisi yang kompetitif. Tak hanya itu, Anda tak perlu khawatir dengan biaya administrasi karena gratis. Selain itu, proses pelunasannya juga lebih fleksibel. Jadi, jika Anda berniat ingin melunasi kredit Anda lebih awal, Anda tidak akan dikenakan denda pelunasan awal. Cukup menguntungkan, bukan?
Pengertian Pinjaman Tanpa Jaminan Pengertian Pinjaman Tanpa Jaminan Reviewed by Miftah Farid on 12:53 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.