Menjaga Agar Kamar Mandi Tetap Bersih dan Kering

Tips Menjaga Kamar Mandi Bersih

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya kamar mandi adalah ruangan yang paling membutuhkan perhatian dan dibersihkan paling sering. Walaupun waktu yang Anda dan keluarga habiskan di dalam kamar mandi tergolong jauh lebih sedikit dibanding dengan waktu yang Anda luangkan di dalam kamar tidur, kamar mandi adalah prioritas utama Anda untuk tetap dijaga kebersihannya. Hal ini disebabkan oleh kelembaban kamar mandi yang mengandung kuman dan bakteri sumber segala penyakit. Anda tentu tidak ingin keluarga tersayang terjangkit penyakit akibat kamar mandi yang tidak rutin dibersihkan, bukan? Simak cara untuk menjaga agar kamar mandi tetap bersih dan kering berikut ini.

Partisi Shower
Lantai yang basah sangat berbahaya karena selain kelembabannya yang mengunang bakteri penyakit untuk datang, lantai yang basah juga bisa membahayakan keselamatan keluarga Anda karena tingginya potensi terpleset. Agar lantai kamar mandi Anda tidak licin dan tetap kering, pasang partisi atau pemisah antara shower dengan bagian kamar mandiri lainnya. Anda bisa memilih antara partisi kaca dan partisi plastic. Gunakan jasa tukang bangunan saat akan memasang partisi kaca maupun plastic karena pekerjaan tersebut tidak akan bisa Anda selesaikan sendirian. 

Memasang Exhaust
Exhaust sangat penting untuk mengeringkan kamar mandi dari air bekas shower atau pancuran agar lantai kamar mandi Anda tidak licin dan kamar mandi tidak lembab karena kamar mandi yang lembab adalah sarang dari segala jenis penyakit. Belum lagi ditambah dengan seringnya terjadi kecelaan terpleset di kamar mandi dan menyebabkan pendarahan hebat akibat lantai kamar mandi yang licin. Maka dari itu, kehadiran exhaust di kamar mandi Anda sangat penting adanya.

Menjaga Kebersihan
Kunci utama dari kebersihan kamar mandi adalah merawatnya secara rutin. Perawatan kamar mandi meliputi membuang sampah dan perlengkapan mandi yang sudah tak terpakai, menata handuk dan perlengkapan mandi lainnya secara terorganisir, dan rajin menyikat kamar mandi menggunakan sikat dan cairan pembersih setidaknya dua minggu sekali.

Sirkulasi Udara yang Baik
Selain exhaust yang bekerja untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar mandi, adanya jendela juga ampuh untuk melancarkan proses keluar-masuk udara di dalam kamar mandi Anda. Rutin membuka jendela kamar mandi dan menjaganya agar bebas dari noda membantu menjaga kamar mandi Anda agar tetap segar dan bersih. Selain itu, dengan adanya jendela di kamar mandi dapat menghemat biaya listrik Anda karena di siang hari tidak perlu menyalakan lampu sebab jendela sudah menghantarkan cahaya matahari ke dalam kamar mandi.

Membersihkan Lubang Saluran secara Rutin
Mengeluarkan rambut yang menyangkut pada lubang saluran pancuran kamar mandi memang membuat kita merasa geli dan jijik, namun kalau tidak dibersihkan akan mengundang kuman penyakit untuk datang dan membuat air mampet menggenang. Agar kotoran saluran tidak langsung bersentuhan dengan tangan, gunakan kantung plastic yang diikatkan ke tangan atau sumpit pencapit untuk mengambil rambut dan kotoran lain yang membuat saluran air kamar mandi mampet.

Cairan Pembersih Buatan Sendiri
Hindari terlalu sering membersihkan kamar mandi menggunakan cairan pembersih kimiawi yang Anda beli di supermarket. Memang cairan pembersih di supermarket ampuh dalam membersihkan kamar mandi, tapi kandungannya tidak terlalu aman terutama untuk anak kecil dan penderita asma atau alergi dengan zat tertentu. Buat cairan pembersih buatan sendiri yang terbuat dari cairan pemutih, air, dan baking soda. 

Menjaga agar kamar mandi tetap bersih memang terlihat melelahkan, namun hasil yang didapat sangat sepadan. Jaga selalu kesehatan anggota keluarga Anda dimulai dari kamar mandi yang bersih!
Menjaga Agar Kamar Mandi Tetap Bersih dan Kering Menjaga Agar Kamar Mandi Tetap Bersih dan Kering Reviewed by Ayead Gaptek on 1:54 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.