Jenis Sablon Untuk Kaos Olahraga

Perkembangan teknik sablon saat ini sudah berkembang begitu maju dan canggih. Berbagai kaos yang menjadi pakaian sehari-hari mampu diberikan sablonan mulai dari tipe yang biasa sampai sablon yang membutuhkan bahan dan peralatan khusus, tentunya dengan hasil sablon kaos  yang berkualitas pula. Salah satu kaos yang menuntut sablon kuat dan tahan lama adalah jersey olahraga, misalnya seperti sepak bola, futsal, basket, dan sebagainya. Karenanya dibutuhkan pula sablonan yang jenisnya memiliki ketahanan yang kuat terhadap aktivitas yang berat

Ada banyak jenis sablon yang bisa direkomendasikan untuk sablon kaos olahraga. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis sablon yang bisa digunakan pada kaos olahraga:
 
1.    Sablon Polyflex
Sablon Polyflex

 
Sablon ini merupakan sablon yang bisa dibilang terbaik. Karna teksturnya yag elastis dan lembut, sehingga ketika sudah di pasangkan dengan jersey tidak begitu kaku yang membuat gerak gerik kamu di lapangan bisa begitu lincah. Namun sablon ini memiliki perawatan yang khusus, seperti saat di cuci tidak disarankan untuk di peras, tidak disarankan mencuci dengan mesin secara terus menurus dan saat di setrika tidak di sarankan terkena setrika secara langsung.

Jenis sablon yang satu ini terbilang mahal dan banyak digunakan oleh timnas maupun klub-klub besar dalam liga besar. Meski termasuk jenis sablon yang mahal karena memiliki kualitas yang berkelas, namun jenis sablon ini cenderung mudah rusak jika salah dalam perawatannya. Itulah mengapa kaos jersey dengan sablon polyflex membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet.
 
Sablon kaos jersey polyflex menggunakan materi lembaran seperti kertas (cutting sticker atau cutting rubber) yang di-press pada permukaan kaos dalam suhu yang sangat tinggi hingga bisa merekat dengan kuat. Dalam hal perawatan, sebaiknya hindari mencuci kaos dengan pemutih dan mesin cuci, serta seterika tanpa dilapisi dengan kain terlebih dahulu agar sablon tetap awet.
 
Sablon kaos jersey polyflex sendiri beragam model dan kualitasnya mulai dari yang kualitas rendah sampai kualitas tinggi. Polyflex PU (Poly Utherane) adalah Polyflex khusus untuk bahan katun,t-shirt kombet.polyflex ini apabila dipasang ke kaos/t-shirt menyatu seperti sablon rubber.
 
Polyflex PVC (Poly Vinyl Chloride) atau sering disebut Polyflex sport biasanya digunakan untuk Kaos-Kaos olahraga bahan serena,,dri-fit.Polyflex ini sangat cocok untuk nama dan no punggung di jersey atau kaos2 olahraga lainnya. Jenis bahan PVC ini lebih tebal daripada jenis bahan PU.

2.    Sablon Rubber
Jenis sablon kaos jersey yang satu ini dilakukan secara manual dengan menggunakan material rubber pasta, dan biasanya diaplikasikan untuk kaos pada umumnya. Sablon jenis ini merekat dengan cukup kuat sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus, bahkan bisa dicuci dengan mesin. Jenis sablon ini menggunakan tinta yang pekat sehingga mampu menutupi serat kain dengan baik dengan hasil timbul yang lebih awet, bahkan bisa bertahan meskipun terkena panas setrika. Jenis sablon rubber juga cenderung lentur dan elastis, dan biasanya digunakan sebagai underbase atau sablon dasar terutama pada kaos dengan warna gelap. Jenis sablon ini juga tidak cepat pudar, meski demikian untuk pemakaian yang lama hasil sablon cenderung terlihat retak. Biaya sablon jenis ini relatif lebih murah, namun demikian jenis jersey ini sudah jarang diaplikasikan pada jersey grade ori maupun klub-klub besar dunia, karena cenderung kurang rapi.
 
3.    Sablon Press
Sablon kaos jersey jenis ini bisa dibilang paling awet, karena sablon ini menyatu dengan bahan sehingga tidak cepat rusak atau menghilang. Sablon ini akan rusak atau menghilang apabila jersey yang kamu punya memang benar-benar rusak.
Jenis Sablon Untuk Kaos Olahraga Jenis Sablon Untuk Kaos Olahraga Reviewed by Raditya Saputra on 12:54 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.