Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Umroh

Melaksanakan ibadah umrah merupakan hal yang begitu diusahakan oleh Muslim di seluruh dunia. Banyak orang memilih umrah terlebih dahulu daripada haji karena antrian kuota haji yang sampai saat ini sangat banyak. Karenanya umrah menjadi alternatif pilihan. Di Indonesia saat ini banyak bertebaran berbagai agen travel yang menyediakan layanan umrah, anda tinggal mencarinya sendiri. Misalnya anda di kota Bandung, carilah agen travel umroh terbaik di kota Bandung sehingga anda dapat berumroh dengan nyaman. Selain itu, yang paling penting dalam umroh adalah dari segi persiapan. Persiapan yang matang akan membantu anda dalam menjalani ibadah yang khusyu. Karena itu dibawah ini akan kami berikan beberapa hal persiapan sebelum anda berangkat umrah.

Travel Umroh

Luruskan dan Benarkan Niat 

 
Hal pertama yang harus kita tanamkan dan kita tekadkan dalam diri ketika ingin berangkat umarh adalah meluruskan niat dengan benar. Niatkanlah segalanya untuk Allah, hanya untuk beribadah dan memenuhi panggilan Allah. Apa yang akan terjadi di Tanah Suci kelak, kita tidak pernah tahu. Jangan sampai ada terbersit sedikitpun untuk menempatkan niat lainnya dalam hati seperti ingin mendapatkan derajat tinggi di masyarakat, ingin pamer foto umrah di Mekkah, dan sebagainya. Jika ibadah anda ingin bernilai, fokuskan niat hanya untuk beribadah kepada Allah dengan ikhlas dan tulus.
 
Ilmu, Ilmu, Ilmu 

Seorang yang menanamkan niat untuk benar-benar melaksanakan ibadah umroh dan fokus untuk beribadah, pasti akan mempersiapkan hal-hal terpenting ketika melaksanakan umroh, salah satunya yang paling penting yaitu, Ilmu. Dalam hal ini berupa ilmu tentang umroh itu sendiri. Manasik haji memang perlu tapi itu tak cukup untuk membekali kita. Bacalah juga buku saku yang diberikan agen haji dengan baik, juga belajar ilmu kepada ustadz dan ulama-ulama yang mengerti mengenai ibadah haji, agar semua ibadah dapat dilakukan dengan baik, benar, dan bernilai.
 
Kekuatan Fisik Sangat Diperlukan 

Intensitas tubuh kita dalam melakukan gerak ketika umroh sangat sering, jika kita tidak terbiasa menghadapi hal tersebut maka kita sendiri yang akan mengalami kesusahan. Karenanya sebelum berangkat umroh, setidaknya  kita membiasakan diri untuk berolahraga rutin seperti melakukan beberapa latihan fisik, berjalan pagi dan sore atau jogging jika memungkinkan. Ini sangat berguna dalam menunjang ketahanan fisik anda ketika melakukan umroh. Selain itu, lakukan juga olahraga ringan dan jaga kesehatan agar tetap bugar.
 
Selain Fisik, Mental juga menjadi Modal 

Bagi kita yang tidak pernah merasakan atmosfer dan budaya orang-orang ketika melakukan ibadah haji maupun umroh, kita pasti akan terkejut melihat berbagai sikap, perilaku, dan berbagai keadaan yang akan kita hadapi selama umroh, karena itu persiapan mental sangat diperlukan. Sebagai contoh kecil misalnya dalam hal fasilitas toilet, anda akan menghadapi kelakuan dan sikap orang-orang yang beragam. Jangan sampai kita banyak mengeluh hanya karena bayangan kita ibadah haji seindah berlibur.
 
Ketahui Manajemen Waktu yang Baik 

Kebiasaan di Mekkah dan Madinah untuk dapat memanajemen waktu perlu dipelajari. Seperti datang lebih awal sebelum sholat wajib untuk thawaf dan mencari tempat untuk sholat. Anda bisa mempelajari ini dengan bertanya langsung pada agen travel tempat anda ingin melaksanakan umrah, misalnya di Bandung anda bisa cari agen travel umrah terbaik di kota Bandung  itu sendiri.
 
Tergetkan Ibadah yang Ingin Dicapai 

Agar anda tidak kebingungan ingin melakukan apa disela-sela waktu yang ada, cobalah untuk membuat daftar kegiatan ibadah yang ingin anda capai ketika melaksanakan umar misalnya seperti khatam Qur’an atau selalu sholat berjama’ah di masjid, maupun memenuhi ibadah dengan shalat-shalat sunnah. Tetapi perlu juga diingat, target ibadah yang ingin kita capai harus sesuai dengan kemampuan dan kondisi kita selama di sana. Ini menghindari kita agar tidak terlalu berambisi selama beribadah di sana.
Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Umroh Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Umroh Reviewed by Ayead Gaptek on 11:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.