Penggunaan Laptop dan Dampaknya Bagi Sistem Alat Gerak Manusia


Penggunaan Laptop dan Dampaknya Bagi Sistem Alat Gerak Manusia
Seringkali aktifitas yang mewajibkan kita untuk menggunakan laptop, tapi tahukah anda bahwa mengunakan laptop juga memiliki dampak yang kurang baik pada sistem alat gerak kita, seperti yang miiwu.com kutip dari okezone.
Pada zaman yang semakin maju dengan teknologi, kecanggihan laptop semakin tak tertandingi mulai dari fitur touchscreen hingga dapat dijadikan sebuah tablet. Masyarakat pun juga mulai bersaing untuk memiliki laptop karena merupakan dinilai sebagai alat yang harus dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari bermain games, membuka website di internet, dan mengerjakan tugas. Laptop atau yang sering disebut dengan notebook merupakan sebuah teknologi yang memiliki fungsi sama dengan komputer namun ukuran nya yang lebih kecil, ringan, dan fashionable sehingga sekarang laptop banyak digunakan di kalangan masyarakat. Selain itu, masyarakat lebih memilih laptop karena praktis dibawa kemana saja dan sebagian besar individu banyak menghabiskan waktunya hingga berjam-jam untuk menggunakan laptop untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan ataupun bermain game.

Namun, disamping laptop ringan dan praktis, penggunaan laptop memberikan dampak negatif kepada tubuh terutama pada sistem muskuloskeletal yang dapat menyebabkan gangguan sistem muskuloskeletal. Sistem muskuloskeletal merupakan sistem kompleks pada tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak tubuh manusia yang terdiri dari otot dan rangka termasuk ligamen, sendi, jaringan dan saraf. Salah satu gangguan sistem muskuloskeletal yang sering terjadi adalah nyeri punggung bagian bawah atau yang biasa disebut dengan low back pain. Penggunaan laptop sehari-hari yang cukup lama dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Selama menggunakan laptop, pasti pengguna laptop akan mempertahankan posisi tegak pada tubuh sehingga kontraksi otot akan berlebihan. Kontraksi otot berlebihan inilah yang akan menyebabkan nyeri punggung bagian bawah.

Selain itu, gangguan sistem muskuloskeletal yang lainnya adalah nyeri pada leher atau biasa disebut dengan neck pain. Nyeri pada leher terjadi karena posisi leher dan posisi duduk yang tidak tepat saat menggunakan laptop serta penggunaan laptop yang cukup lama. Kadangkala, kita menggunakan laptop tanpa ada meja, hanya diletakkan pada lantai atau paha sehingga kondisi ini akan memberikan dampak pada leher kita untuk menunduk dari keadaan normal dan bisa meningkatkan risiko nyeri pada leher.

Carpal Tunnel Syndrom juga merupakan salah satu dampak negatif bagi sistem muskuloskeletal dari penggunaan laptop yang menyerang bagian pergelangan tangan. Carpal Tunnel Syndrom adalah kondisi peningkatan tekanan di bagian pergelangan tangan yang disebabkan oleh gerakan berulang dengan kontraksi kuat atau pada saat sedang menggunakan keyboard dengan waktu yang cukup lama. Gejala umum dari Carpal Tunnel Syndrom adalah mati rasa pada jari-jari tangan terutama ibu jari, telunjuk, dan jari tengah yang biasanya terjadi pada saat malam hari.

Untuk mengurangi nyeri pada bagian tubuh saat menggunakan laptop, pengguna laptop bisa melakukan beberapa hal yaitu peregangan. Peregangan dilakukan setelah menggunakan laptop kurang lebih setengah jam dengan cara perengangan otot (streatching). Selain itu, usahakan menggunakan desain tempat kerja yang ergonomis dan menjaga postur tubuh yang natural.
Penggunaan Laptop dan Dampaknya Bagi Sistem Alat Gerak Manusia Penggunaan Laptop dan Dampaknya Bagi Sistem Alat Gerak Manusia Reviewed by Ferisco Yudha on 3:12 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.